31 Juli 2013

YB9Y Stasiun DXpedition Orari Daerah Papua ke OC-276 (Oktober 2013)


Pada 28 Juli 2013, saya mengirim pesan ke maillist OrariNews seperti di bawah ini. Komentar-komentar yang kemudian muncul dalam thread ini, sangat banyak, Sayangnya sebagian besar bernada emosional dan isinya tak terkait dengan substansi pesan saya tsb. Karenanya, tidak saya tanggapi.



Tulisan ini adalah pendapat pribadi, tidak mewakili siapapun. Mengikuti pertukaran pendapat di milis Orari tentang isu ini, saya tertarik untuk turut berpendapat.

Saya mengenal hampir semua anggota tim YB9Y dan beberapa personil dari lembaga pendukungnya. Selain kompeten di bidangnya, mereka adalah teman-teman dengan integritas individu dan semangat team-working yang baik. Motivasi tertinggi pada mereka adalah memberi peluang
kepada komunitas DXer dunia untuk menjalin qso 2-arah dengan stasiun YB9 secara optimal! (Optimalisasinya adalah antara lain: selama masa operasinya, YB9Y bekerja berkesinambungan dengan berbagai moda pada 10 bands secara simultan kecuali terkendala oleh kondisi alam - Jo, Agustus 2013)

Yang saya dengar, pemilihan lokasi Kepulauan Mapia, Papua, OC-276, adalah karena -sejak jauh hari sebelumnya- ada niat/saran/rekomendasi dari Orari Daerah Papua dan instansi-intansi terkait lainnya yang ingin pulau terluar Indonesia tsb diaktifkan.

 

Tak adil bila ada yang menuduh anggota tim YB9Y bisa peroleh keuntungan berupa fasilitas libur -dan bahkan: mendapat uang dari kegiatan YB9Y. Saya yakin justru merekalah yang  HARUS keluar uang dari dompet pribadinya. Belum lagi ada potensi resiko 'rugi' akibat kehilangan waktu dan tenaga - atau dipecat dari kantor karena 'bolos' dari kerja :-))
 

Iseng-iseng saya amati statistik dari Club Log di mana terekam sekelumit data-data dari beberapa stasiun DXpedisi dari YB-land pada 2012-2013. Maaf, saya tidak bermaksud untuk membandingkan. 
Memang, data/analisisnya terlalu sederhana dan terbatas, tapi mungkin bisa memberi alasan kepada pembaca bahwa 'peningkatan jumlah QSO' bagi stasiun YB9Y merupakan sasaran yang profesional - dan karenanya: logis.
 

Izin untuk stasiun-stasiun di bawah adalah untuk semua bands/modes amatir radio. Ringkasannya (tahun, jumlah bands dan all modes/bands QSO):

YB8Y: 2012, 12, 20344
YE0M: 2012, 12, 20966
YB6N: 2013, 5, 5290
YB0D: 2013, 7(*), 2557 -> (*) direncanakan

Saya mendukung YB9Y (Oktober 2013) karena kemunculannya akan memberi nama baik bagi dunia AR Indonesia. Safe travel! GL. Tnx es 73 de Jo, YC0LOW 

Silakan lihat: http: //yb9y.com/




atau




http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2013/08/konsep-dasar-tentang-antena-antena-tx.html


















































Tidak ada komentar: