17 Desember 2010

Kabel USB-to-RS232 dengan Chipset FTDI untuk Mengoperasikan CW dengan N1MM

"...tidak semua USB to Serial Converter Cable bisa dipake untuk keying dan PTT di N1MM. USB to Serial Converter dgn chipset Prolific itulah yang bisa."

Sengaja saya nukil pernyataan di atas dari OM Rivai, YB3TD, tentang kabel converter USB-to-Serial untuk CW keying di N1MM agar teman-teman yang punya notebook baru dan mau mencobanya bisa terhindar dari kegagalan. Terutama bila OS-nya adalah Windows 7.

Beberapa bulan silam, saya juga mengalami hal yang serupa bahkan sampai membeli merek lain di sebuah pusat penjualan komputer dan asesoris di Jakarta Selatan. Setidaknya ada dua merek yang saya beli, yaitu "A***" dan "B***" (untuk menghindari masalah, saya tidak menuliskan lengkap mereknya). Khusus untuk merek A, bahkan saya sudah download driver untuk Windows7 di website-nya dan meng-install di notebook saya.

Setelah hampir putus harapan, saya dipaksa untuk melihat dengan seksama website N1MM dan menemukan informasi berisi evaluasi pengguna (User Evaluation) kabel converter USB-to-Serial (lihat:
http://n1mm.hamdocs.com/tiki-index.php?page=USB+Interface+Devices). Penjelasan dan catatan-catatan rinci  dari para pengguna di halaman tsb membuat habis gelap menjadi terang benderang.

Pada awalnya saya memilih  USB-COM-CBL dari Byte Runner. Saya pernah menulisi agen produknya di Jakarta, namun tidak berbalas sampai hari ini. Kalau dilihat pada tabel, tipe kabel ini adalah yang paling lengkap fungsi-fungsinya untuk digunakan dengan contest software N1MM.

                  Kabel converter USB to RS232 with FTDI Chipset (foto: Jo, YC0LOW)

Akhirnya, saya pesan kabel converter USB to RS232 with FTDI* Chipset dari www.usbnow.co.uk. Harganya cukup GBP 9,89. Paket terdiri dari kabel converter, mini disk driver, dan adaptor konektor dari DB9 ke DB25 (lihat gambar di atas).

Kebetulan, saya bisa terhindar dari biaya ongkos kirim. karena adik saya yang tinggal di London, 'mudik' ke Jakarta untuk merayakan Idul Fitri 2010.

Dengan kabel tsb, proses instalasi  dan setting memang jadi mudah dan cepat. Saya hanya mengikuti perintah instalasi dan semua berdamai. Hingga hari ini, saya tidak menemukan kesulitan apapun dalam mengoperasikan N1MM dengan notebook baru.

Kabar bagus lainnya yang saya baca minggu lalu adalah bahwa OM Rivai, YB3TD telah lebih dulu membuktikan ada merek lain yang oke dan tersedia di Jakarta.

Lagi, untuk tabel referensi yang lumayan lengkap, terutama bagi pengguna N1MM, silakan klik 
http://n1mm.hamdocs.com/tiki-index.php?page=USB+Interface+Devices

* FTDI= Future Technology Devices Internationals Ltd. Sebuah perusahaan di Glasgow, Inggris.

Tidak ada komentar: