01 September 2011

Palstar Tuner di YC0LOW, Agustus 2011

Gbr.1. Palstar Tuner AT2K.
Pada Agustus 2011, pesanan saya berupa tuner Palstar AT2K tiba dengan selamat di Cinere (lihat Gbr. 1, kanan).


Saya memesan barang ini langsung dari Paul Hrivnak di AS, pendiri/pemilik Palstar, untuk digunakan sebagai alat penunjang tambahan karena selama empat belas tahun belakangan ini, saya hanya mengandalkan tuner MFJ-989B.


Saya juga melengkapinya dengan  Palstar current (bukan voltage) bal-un 4:1, model B400, dengan balanced output untuk ladder-line 450 Ohm (Gbr. 2 dan Gbr. 3, bawah). Paul menjelaskan kepada saya bahwa Palstar tidak pernah menempatkan balun apapun di dalam rangkaian produk tuner-nya.


Gbr. 2. Balun Palstar 4:1 dengan output balance. Foto-foto: Jo,YC0LOW
Gbr. 3. Isi B400. Lihat konstruksi current balun 4:1 dengan dua toroid cores untuk high power
Perbedaan lainnya dengan produk MFJ adalah bahwa unit Palstar ini tidak ada dummy-load-nya.

Konon, tuner ini is built like a tank, begitu klaimnya pada http://www. palstar.com. Dari pengamatan sekilas saya, memang bikinan Palstar jauh lebih baik dari pada MFJ. Terutama pada penyetel dua variable kapasitor yang menggunakan fitur Vernier rasio 6:1 sehingga penalaannya bisa lebih akurat.


Kita lihat saja hasilnya nanti.

Tidak ada komentar: