30 April 2011

Ahlan wa Sahlan 7Z1SJ pada Topband

Dalam pengamatan saya selama lebih dari satu dekade ini, mencari - apalagi kontak 2-arah dengan - stasiun dari Saudi Arabia pada topband seperti mencari jarum pentul di ladang kurma.

Kalau pun ada aktivasi di negara tsb, umumnya dilakukan oleh para pendatang. Itupun terbatas pada operasi pada highbands.

Sebagai sebuah monarki, Arab Saudi memang tergolong negeri yang konservatif - apalagi dalam hal hobi radio amatir. Namun, pada Januari 2011, Suli operator pribumi Arab muncul pada 160m. 

Tampaknya, dia berfokus pada LOW bands dan aktif berkomunikasi melalui ON4KST chat. Kemunculannya menjadikan dia sebagai selebritas baru di kalangan pemburu DX pada bulan tsb. Saya duga dia tergolong kalangan elit pemilik negara tsb karena callsign-nya tergolong unik. Sinyalnya pun tergolong baik untuk kelas pemula di topband.

Saya beruntung bisa bertemu dengannya pada saat beroperasi dari Gn Malang, Ciater, Jawa Barat. 7Z1SJ menjadi negara DXCC ke-111 yang CFM pada 160m, CW. Strateginya menggunakan manajer QSL di Spanyol boleh dipuji. Ahlan wa sahlan, Suli!


Kartu QSL dari Suli via manajernya di EA7

Tidak ada komentar: