30 November 2011

YE2S vs YE1ZAW: Perbandingan Statistiknya dalam Kontes CQWW CW 2011


Kartu QSL YE1ZAW: Gambar sisi muka dan belakang. Desain oleh Dani YB2TJV
Di bawah ini saya sandingkan screenshot data perolehan dari YE2S dan YE1ZAW untuk dibandingkan (Gbr. 5). Gambar-gambar dari Danu YD1GCL di YE1ZAW, Firman YC2YTH dan Har YC2WWW di YE2S (klik untuk memperbesar).

Data YE2S dihasilkan dengan Ham Radio Deluxe (www.ham-radio-deluxe.com/) sedangkan YE1ZAW menggunakan N1MM (www.n1mm.com/). Keduanya adalah free logging software untuk digunakan oleh amatir radio. 

Gbr.1. Dadang YB2EUZ di YE2S pada hari kedua kontes CQWW CW (28/11)
Dengan mengunjungi websites-nya, Anda dapat mempelajari fitur-fitur yang melekat pada karya pemrograman tersebut sehingga pilihan akhir bisa sesuai dengan kebutuhan dan untuk jangka waktu yang panjang. 
Gbr. 2. Joz YD1JZ bekerja sendiri di YE1ZAW pada hari kedua CQWW CW (28/11)
Kalau di zaman dahulu ada kredo "teliti sebelum membeli', sekarang di zaman internet kini tidak lagi begitu. Jadinya apa, silakan Anda ubah sendiri. 

OM Har YC2WWW mengirimkan Gbr. 3 (bawah) dengan penjelasan: "Inilah tampilan log sheet secara real -time, hasil gabungan input entry dari dua laptop TX-1 dan TX-2. Bisa dilihat detik itu juga, atau langsung dianalisa per jam. Merupakan hasil kerja OM Firman YC2YTH dengan teknik DataBase MySQL"
Gbr.3. Display gabungan entry dari dua notebook di YE2S
Sekali lagi, walau kedua kedua stasiun bertanding di CQWW CW, 2011 pada kategori yang berbeda --sehingga tidak bisa dibandingkan secara head-to-head-- namun kandungan data-datanya menarik untuk disimak dan dijadikan semacam referensi awal untuk analisis dan evaluasi.

Tentu saja saya berharap supaya data dan uraian sederhana pada artikel ini dapat mengilhami cara pandang demi terbentuknya klubstasiun dan/atau stasiun kontes baru di tanah air untuk menjelajah pada kontes-kontes pada band HF lainnya. 
Gbr. 5. Tabel perbandingan YE2S dan YE1ZAW (klik untuk memperbesar)
Kesimpulan statistik per band dari data pada Gbr.5 (atas) adalah:  

1. Selama kurun waktu empat puluh delapan jam kedua stasiun hanya berhasil membukukan tiga QSO pada top band (160m). Amat drastis beda hasilnya dengan perolehan pada band-band populis yang lebih tinggi (10m, 15m dan 20m).

Untuk pembahasan yang lebih kwalitatif, masih harus dirinci tiga entitas DXCC apa saja yang mereka peroleh pada 160m?

2. Pada band 80m, perolehan keduanya hanya beti (=beda tipis). Walau YE1ZAW punya lebih banyak QSO dan points, YE2H lebih banyak mengumpulkan multipliers (=Country/Cty, pada N1MM). Perolehan jumlah multipliers juga mirip.

3. Pada 40m, YE1ZAW mengungguli YE2S dalam hal jumlah QSO, points dan country

4. Juga, pada 40m, YE1ZAW mengungguli YE2S dalam hal jumlah QSO, points dan country

5. Pada 20m, YE2S mengungguli Y1ZAW dalam hal jumlah QSO, points dan country

6.  Pada 15m, YE2S mengungguli Y1ZAW dalam hal jumlah QSO, points dan country

7Pada 10m, YE1ZAW mengungguli YE2S dalam hal jumlah QSO, points dan country

8. Jumlah QSO: YE1ZAW= 3.099, dan YE2S=  3.072.
Gbr. 6. Irawan YC2WAN sedang memeriksa peralatan transmisi di YE2S
Sekali lagi saya sampaikan bahwa kesimpulan di atas hanyalah secara kwantitatif. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam cara-cara perolehannya sebagai akibat perbedaan pilihan kategori dalam kontes.

Gbr.7. Jimmy YC1OO sedang menala Icom IC-7800 di YE1ZAW
Analisis kwalitatif dapat pula dilanjutkan dengan cara menguraikan taktik dan strategi kedua stasiun. Tak kalah penting adalah lokasi dan peralatan (jumlah operator, shift, transceivers, linear amplifier, antena tx/rx, fasilitas kelistrikan, redundancy system dll)


Di atas itu semua: kompetensi dan kemampuan sumber daya manusianya untuk bersinergi dalam satu tim yang disiplin dan terpadu untuk mencapai sasaran! 

Kalau kerja bareng, buang jauh-jauh egosentrisme Anda!


Lihat juga: http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2011/11/kontes-cqww-cw-2011-dalam-gambar-gambar.html




Tidak ada komentar: