13 Januari 2009

Antena RX Jenis Loop ala N6RK pada Band 80m




 Pengamatan awal kinerja antena RX jenis loop ala N6RK saya lakukan pada 80m SSB, tepatnya pada saat YB Net 80m berlangsung pada Senin 12 Januari 2009, mulai 1300 UTC.  

Net Control Station adalah OM Dewa dari Bali. Lokasi NCS di Pulau Dewata tsb sangat menguntungkan bagi pengamatan saya ini karena banyak stasiun dari kawasan Indonesia timur yang check-in. Artinya, makin banyak peluang saya untuk bisa mendengar sinyal dari dari arah timur yang berjarak >1500 kilometer. Gambar di atas adalah dimensi antena RX dari N6RK.

Bisa dilaporkan di sini, saya dapat meng-copy semua sinyal dari daerah panggilan (call-area) 9 dengan baik. Kuat sinyal memang berbeda-beda, namun, rasio S/N yang tinggi membuat penerimaaan menjadi lebih baik. Readibility semuanya Q5! Bahkan, pada saat semua stasiun dipanggil untuk check-in saya dapat mendengar jelas beberapa stasiun yang berebut masuk.

Saya tidak sempat memantau net tsb sampai usai karena malam itu ada pekerjaan penting lainnya sehingga pengamatan saya sudahi sampai dengan panggilan ke call area 2. Namun, subuh dini harinya (WIB) saya coba memantau sinyal dari Eropa pada 80m, CW. Walau pun kondisi propagasi tidak baik, saya sempat menangkap ketukan kode Morse dari stasiun-stasiun di Jepang dan Eropa (timur dan barat). Jadi, saya simpulkan, antena RX loop ini telah bekerja baik bagi saya pada 80m.

Oh ya, saya lupa menuliskan bahwa transceiver yang digunakan dalam pengamatan penerimaan ini adalah unit kesayangan saya Yaesu FT-1000MP (orsinil).

Tidak ada komentar: