18 Februari 2010

SWR pada Antena RX Loop ala N6RK

Saya pernah sampaikan di milis Antennamania petunjuk singkat untuk mengukur SWR antena RX Loop N6RK. Petunjuk itu saya dapatkan dari Rick, N6RK, sendiri. Nilai perbandingan SWR saya adalah 1:1,2.


Di bawah ini korespondensi e-mail kami, sbb:


>>>Jo: I tried to measure the SWR value of the antenna with MFJ-259B. But, the needle of SWR display pointed to the extreme right when set to 1800 KHz. Please inform me on how to get good indication(s) for the antenna to perform well.

>>>Rick: You need to adjust the varactor tuning voltage to tune it to 1800 kHz first. I get a 1.1:1 SWR with my MFJ-259B.



Saya ingin juga mengingatkan bahwa bila kita sudah main antena RX, maka ada problem lain yang akan muncul, yaitu common-mode-noise yang biasanya 'numpang' di outer shield feedline coax antena RX ke transceiver sehingga tingkat derau masih terasa kuat terdengar dengan antena itu. Polarisasi antena RX juga akan terpengaruh.


Bila ini terjadi, usahakan membuat feedline RF Choke (RFC) atau memutus aliran unwanted-RF noise dengan lilitan coax 50/75 Ohm ke toroid (FT-50-J) yang disalurkan ke ground dengan batang logam pada titik terjauh dan titik terdekat dari receiver. Pada RX coax loop N6RK tidak perlu pakai preamp.


Semoga bermanfaat bagi sukarelawan noise-fighters. Siapa suruh main-main dengan jin derau (tidak terlihat tapi ada 'kan?).


73 de Jo, YC0LOW.

klik juga
http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2010/02/n6rk-rx-loop-siapkah.html

atau

http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2009/12/antena-loop-untuk-rx-ala-n6rk-desember.html 

Tidak ada komentar: