14 Februari 2010

Tiga Negara Bagian AS pada Topband, 14 Februari 2010


Seminggu lamanya saya jadi commuter (pelalu-lalang) antara Cinere dan Cirendeu, utamanya di saat SR (dinihari WIB) untuk menjajal antena Delta Loop 160m. Panggilan yang spesifik NA atau SA dipancarkan. Antena tsb telah mengantar sinyal saya ke sana, tapi tidak semua yang mendengar panggilan saya bisa di-copy.
Saking penasarannya, Sabtu sore (WIB) saya menginap di kantor sampai Minggu subuh, untuk terus menjajal antena tsb. Sialnya, propagasi sangat buruk.

Laporan terakhir datang dari Pres, N6SS, teman lama yang pernah lama memancar dari VQ9 (pangkalan militer AS di Diego Garcia, Samudera Hindia). Pres melaporkan via internet bahwa RST saya 579 di Arizona. 
Minggu malam, cucu saya mau datang ke rumah. Jadi saya urungkan rencana main radio di kantor. Sambil menunggu, saya nyalakan Yaesu FT-1000MP yang veteran. Koneksi adalah ke vertikal T-loaded dan daya hanya 100W. Musti saya akui bahwa kinerja antena vertikal homebrewed ini lumayan FB.

Transceiver yang sudah berumur 15 tahun ini juga masih memukau, terutama kemampuan penerimaannya karena jeroannya dipenuhi dengan filter-filter CW buatan INRAD 160m, CW. Memang suaranya sedikit lebih 'kasar' dibanding mutu suara dari digital filter 32-bit pada Icom 746Pro saya
Perhatikan tinggi menara dan perbandingannya dengan mobil di bawahnya
Propagasi juga menolong. Tiga stasiun dari tiga negara bagian di AS, yaitu masuk log 160m. Mereka adalah: W5IZ (Texas, 16.138 km, 13:19Z), K7SO ( New Mexico, 15.323 km, 13:46Z) dan K6XT (Colorado, 15.165 km, 13:58Z).


Mereka lebih gembira dari saya karena ketiganya untuk pertama kali mendapat Indonesia di topband. Al, W5IZ menyatakan, QSO 160m kami adalah hadiah Imlek terbaik untuknya! Texas adalah negara bagian ke-29 dalam koleksi WAS 160m saya. NM dan CO sudah CFM lebih dulu.

Siapa yang sangka bahwa kondisi propagasi ke AS bisa sebaik malam ini?

Radio segera saya tinggalkan ketika cucu tiba di rumah. Kunjungannya juga merupakan hadiah Imlek buat saya.

Gong Xi Fat Choi, la yauw...

Tnx es 73 de Jo, YC0LOW

Tidak ada komentar: