04 Februari 2012

RX Transformer Impedansi 9:1 dengan Toroid Donat Amidon FB-77-6301

Sabtu 4 Pebruari 2012  adalah hari nganggur alias ada di rumah seharian. Ada waktu untuk eksperimen.


Pada saat membongkar 'kotak sulap' saya menemukan lagi harta karun berupa toroid donat Amidon FB-77-6301. Barang ini pernah saya pesan secara ketengan beberapa tahun silam, namun belum pernah dicoba-pakai (gambar bawah).


Gary, K9AY menganjurkan penggunaan toroid donat tersebut dalam artikel yang diberinya judul How to Make a Great 9:1 RX Transformer for your Beverages or K9AY Loops.


Dalam tulisannya, Gary mengulas secara populer teknik pembuatan transformer rx (penerima) impedansi 9:1 yang bisa digunakan untuk Beverage dan/atau loop K9AY. Keduanya antena RX.

Klik:
http://www.aytechnologies.com/TechData/9-to-1_XFMR.htm


Segera saya ikuti petunjuknya (lihat gambar skema di atas). Hasilnya terbukti sesuai dengan janji - setidaknya di instrumen MFJ Analyzer 259B. Di bawah ini, hasilnya dalam gambar-gambar. 


Kawat yang digunakan adalah konduktor tunggal berinsulasi yang dilepas dari kabel LAN 4-pasang. Resistor adalah 470Ω , 2W, carbon composition dari DX Engineering, AS.

Gbr. 1. Pada band 160m. SWR = 1.

Gbr. 2. Pada band 80m SSB, SWR masih unity

Gbr. 3. Pada band 40m SSB. SWR= 1,1, naik, tapi tidak bikin kawatir

Gbr. 4. Pada band 20m. SWR= 1,2. Makin naik, tapi masih tergolong jinak
Nilai SWR= 1,2  bertahan hingga 30 MHz. Tapi, saya tidak berusaha menelusuri lebih jauh karena pada high-bands, antena RX yang khusus TIDAK diperlukan. Emang gue pikirin...

Gbr. 5 Transformer impedansi 6,25:1 untuk feedline 75 Ohm coax
Satu catatan dari saya, untuk ujicoba selama ini,  hasil rata-rata nilai SWR terendah pada toroid donat FB-77-6301 ini jauh lebih wideband daripada toroid binocular Amidon BN-73-202 (Gbr. 5, atas) yang saya gunakan pada antena rx K9AY. Rasio impedansi 9:1 adalah untuk feedline 50Ω.

Bila Anda menggunakan feedline 75Ω, maka Gary menasehati agar mengurangi jumlah lilitan kawat sekunder dari 9 menjadi 7 atau 8.


Semoga bermanfaat.

2 komentar:

YC2LEV @ FT8 Mode mengatakan...

Sedikit koreksi Om Jo,
pada Gb.3 terlihat pada frek 4.0499 MHz dan keterangan adalah di 40m band, apa bukan di 7.050 MHz ?
Tnx 73, de yc2lev

Jo, YC0LOW, pemegang award DXCC dari ARRL pada 5 band mengatakan...

Yth OM Ardi,
Anda betul. Mohon maaf atas kesalahan saya.

Seharusnya saya menala pada 7.050 MHz, BUKAN pada 4.0499 MHz.

Bila ada waktu senggang, saya akan segera buat gambarnya yang baru dan mengganti yang sekarang termuat.