11 Februari 2012

Ready Stock: Tiga Unit Sistem Kendali untuk Antena RX K9AY *

Dalam rangka latih-diri dan berbagi pengalaman dengan teman-teman dalam menggunakan antena penerima/RX pada top band, saya dibantu Helmi, seorang operator siaran RKM 99.5FM yang senang elektronika, sudah selesai membuat tiga pasang rangkaian sistem kendali (switch, dan RT-relay/transformer) untuk antena RX K9AY (lihat Gbr. 1 dan Gbr. 2). 

*Catatan: Mohon maaf. Penempatan teks pada Gbr. 2 dan Gbr. 3 (bawah) untuk penanda arah Barat dan Timur pada kedua terminal adalah terbalik. Seharusnya Barat menjadi Timur, dan Timur menjadi Barat. Tidak ada kesalahan pada sistem dan produk! -Jo, YC0LOW, 11 Maret 2012.

Walaupun kami bukanlah profesional builders, tapi ini adalah upaya pengembangan ujicoba terhadap kinerja dan popularitas antena K9AY yang kami lakukan secara intensif belakangan ini di lahan kota. Hasilnya amat memuaskan. Paling akhir, dicoba di RadioLand di saat kontes CQWW CW 160m, Januari 2012 disaksikan oleh teman-teman Orari.
 
Kami berharap bahwa peluncuran produk sederhana ini akan memicu minat teman-teman yang jauh lebih ahli di bidang teknik dan elektronika di tanah air untuk membuat produk antena RX yang lebih bagus.

Penawaran ini diutamakan untuk pembeli yang akan bekerja DX dalam kelompok, atau untuk operator stasiun pengendali net Lokal yang menghadapi kendala RX dengan antena TX-nya. Bukan pribadi. Tujuannya adalah supaya makin banyak yang bisa mendapat manfaat. Maaf, bila saya dan Helmi tak bisa memenuhi semua permintaan.

Keutamaan produk ini adalah transformer-nya yang terbuat dari toroid Amidon BN-73-202 (Gbr. 4). Komponen langka di Indonesia.

Harga Rp 500,000 per pasang, tidak termasuk ongkos kirim dan biaya pembelian bahan-bahan pembuatan antenanya
(customer supplies) seperti: kawat tembaga, tiang bambu, isolator, tali plastik, kabel dan batang ground, kabel kontrol VDC tiga konduktor, kabel coax, konektor coax dan lain-lain.

Standar teknis produk ini adalah untuk feedline/coax RG-6U, 75 Ohm yang mudah didapat dan lebih murah harga per meternya. Untuk kabel daya VDC dari Kotak Power & Switch  (Gbr. 1) ke Kotak Relay & Transformer (Gbr. 2) gunakanlah kabel LAN/UTP, AWG24, 4-pair (Anda hanya perlu 3 kabel untuk GND, K1 dan K2), yang lebih murah dari pada harga kabel intercom/telepon PABX, 3 konduktor)

Foto-foto oleh Jo, YC0LOW
Gbr. 1. Kotak Power & Switch, dipasang di dekat txcvr
Sengaja dibuat berukuran kecil agar praktis dibawa-bawa
Gbr. 3. Sisi belakang. Isi kotak Relay & Transformer untuk dua kawat loop ke empat arah. Lihat *Catatan di atas.
Sisipkan empat ujung kawat antena loop  ke lubang pada tuas logam di tiap kaki terminal agar koneksinya kuat.
Gbr. 2. Kotak Relay & Transformer dengan terminal daya VDC (atas) dan coax konektor tipe F (bawah).
.Juga berukuran kecil. Kotak ini dipasang di feedpoint antena.K9AY. Lihat *Catatan di atas

.
Gbr. 4. Transformer Impedansi 6,25:1 untuk coax 75 Ohm dengan kawat berinsulasi AWG #24.
Dipasang di dalam kotak Relay & Transformer


Semua unit sudah diujicoba dan 100% dijamin bekerja baik sesuai standar antena RX loop pada band-band 80m dan 160m. 

Pengiriman barang via pelayanan paket kilat tercatat dari PT Pos Indonesia hanya ke wilayah Indonesia, paling lambat Rabu, 15 Pebruari 2012.

Bila berminat, silakan menulis hanya ke e-mail yc0low(at)gmail.com atau tinggalkan komentar Anda pada blog ini. Maaf, saya tidak melayani panggilan telepon, pesan singkat (SMS) atau pesan Blackberry.

Buruan, tersedia hanya tiga unit! *

* Catatan: Minggu 12 Pebruari 2012, 12:49 WIB
Maaf, produk ini sudah habis terjual.

= = = = = = = = = =

2012/2/11, dari YB1AR
Dear om Jo

PF utk eksperimennya..sampai saat ini station di QTH Padalarang belum ada rx utk TB (80/160M).

Saya sdh ber-email ria dgn bag pemasaran k9ay tapi entah kenapa sd skrg belum ada tindak lanjutnya

Saya tertarik utk mendapatkan rx unit K9AY utk uji coba di TB tapi terus terang utk pribadi di Padalarang. Namun nantinya station saya bisa dipergunakan utk station kontes orlok se-Bandung Raya


Namun apabila stock-nya terbatas dan lebih diutamakan utk grup saat ini...kalau diperkenankan saya masuk waiting list utk keperluan pribadi saja ya ....

Salam..de yb1ar

2012/2/11 Jo, YC0LOW
Yth OM Yana, YB1AR,
Terima kasih atas responnya. Anda merupakan orang pertama yang mengirim kabar kepada saya.

Saya akan siapkan satu unit untuk memenuhi permintaan Anda. Menurut saya, qth Anda di Padalarang cocok untuk dilengkapi dengan antena rx, misalnya K9AY "bik-sen" ini. 

Senin sore saya akan tes ulang di workbench dan juga di lapangan. Selasa saya kirim.

Mengapa pada blog saya tulis pengiriman pada Rabu y.a.d? Karena, untuk kosmetik produk, saya sedang pesan sticker sablon untuk ditempel di kotak produk tsb. Tapi, untuk Anda, saya bisa kirim produk duluan dan sticker-nya belakangan. Mudah-mudahan Anda tidak berkeberatan dengan usul saya ini.


Ke alamat mana saya harus kirim? Pse advise, OM.

Tnx es 73 de Jo, YC0LOW

 = = = = = = =

2012/2/12 Irawan Budiyanto, YC2WAN
Saya perlu 2 buah untuk YE2S dan YE2W. QSL info Jln.Loji Kecil Wetan 24, Yogyakarta
de yc2wan
www.kalimas.net

2012/2/12 Jo YCØLOW  
GM Yth OM Wan,

Terima kasih untuk email dan pesanannya.
Segera akan saya siapkan dua unit sesuai permintaan Anda.

Senin besok siang saya akan testbench ulang, cek biaya kirim dan sorenya akan tes ulang di lapangan untuk final QC sebelum pengiriman.


Selasa barang tsb akan saya kirim via Pos Indonesia.


Selain digunakan untuk kendali sistem antena rx K9AY, manfaat tambahan yang didapat dari produk ini adalah:


1. Anda memiliki impedance transformer (dengan toroid BN73202 yang sudah diuji dan sesuai rasio perbandingan impedansinya)
  untuk bisa langsung  dipakai pada antena RX tipe single wire Beverage.

Instalasi transformer pada kotaknya sengaja saya buat mudah dilepas (detachable) dengan alat solder untuk keperluan tambahan itu.


2. Bila perlu, kotak relay & transformer tsb juga dapat digunakan untuk semua antena rx yang jenisnya serumpun "loop terminated", misal VE3DO (bi-directional), Flag/Pennant dlsb.


GL. Happy receiving!
  Tnx es 73 de Jo, YCØLOW

PS: Dengan ini saya juga ingin sampaikan bahwa sediaan produk ini sudah habis.


= = = = =

On Sat, Feb 11, 2012 at 3:05 PM, Hans YB2DX wrote:
Saya beli 1 unit ya Om Jo..transfer ke rek mana? Plus ongkos kirim brp totalnya? Sekalian tolong diberikan skema cara pasangnya. Saya pengen mencoba ant tsb
73 de hans YB2DX

2012/2/12 Jo, YC0LOW
Yth OM Hans YB2DX,

Untuk Anda dkk penggila DX di Grobogan, Jawa Tengah, saya siapkan satu unit dengan toroid BN-73-202 yang sebenarnya stok
toroid terakhir 'kuncian' saya. Ibaratnya, saya jual sebatang rokok kretek terakhir saya kepada seorang sahabat yang baru selesai makan malam hari yang hujan deras. Tukang rokok sudah tutup.  :-))

Saya dan Helmi akan usahakan untuk secepatnya menyelesaikan pembuatannya. Tentu, saya juga akan kirim petunjuk pembuatan/instalasi antena dalam bentuk hardcopy kepada pembeli.


Kalau masih ada teman yang minat membeli, mohon bersabar. Saya sedang pesan tambahan toroid dari AS. Di Glodok, mereka menyebutnya toroid 'hidung babi' tapi tidak bisa menjelaskan jenis material nomor berapa sehingga permeabilitasnya tidak diketahui.

Kita tunggu saja testimoni dari OM Hans YB2DX dan tiga pembeli pertama, yaitu OM Yana YB1AR, OM Irawan YE2W dan YE2S terhadap kinerja produk ini.


Mudah-mudahan mereka bisa segera instalasi, sukses dalam ujicoba antena RX K9AY-nya dan bersedia memberi komentar/saran/kritik tentang produk ini di forum ini.

Tnx es 73 de Jo, YC0LOW

Tidak ada komentar: