21 Februari 2008

Saat-saat Neraka untuk RX vs Kemurahan Alam pada Top Band, Kamis, April 13, 2006 7:52 AM

Mirip kondisi harga barang di Indonesia, makin hari, makin terasa kenaikan noise floor level pada Top Band (160m). Dalam dua minggu terakhir di bulan April 2006, di Cinere, sudah sulit dijumpai level di bawah S9 seperti pada bulan Maret 2006.

Walau belum mencapai puncaknya, saat-saat seperti ini, adalah awalnya 'saat neraka' bagi DX Top Bander di dunia, terutama di daerah tropis seperti di Indonesia, untuk bisa mendengar dengan baik dan mudah, atau istilahnya: 'armchair copy.' Setiap tahun, mulai 15 April sampai dengan 15 Agustus, musim panas (summer) dimulai di belahan utara katulistiwa. Artinya, siang hari (daytime) makin panjang, maximum usable frequency (MUF) makin tinggi, matahari terbit lebih cepat dan bertambahnya lapisan-D pada senja dan subuh.

Namun, kondisi seperti yang digambarkan di atas bukanlah akhir dari segalanya. Di saat berlangsungnya musim panas di Eropa dan Amerika, alam tetap memberi kemurahannya berupa musim dingin (winter) bagi para Top Bander DX di belahan selatan katulistiwa. Kondisi alam yang esktrim dan berbanding terbalik ini memungkinkan terjadinya propagasi untuk Top Band QSO lintas-katulistiwa (transequatorial) antara kawasan utara-selatan (misal: SA ke NA).

Wilayah nusantara kita dibelah dua oleh garis katulistiwa sehingga lokasi geografisnya tidak pernah mengalami advantage musim dingin. Sepanjang tahun, kita 'menderita' dengan propagasi yang penuh dengan tropical noise. Untuk bisa mendengar QSO DX lintas-katulistiwa yang mungkin terjadi pada musim ini, maka satu atau lebih antena khusus untuk RX bisa menjadi solusi.

Pagi ini (WIB) di Cinere, masih terjadi kejutan. Sejak 2100Z, saya memanggil CQ DX di 1814.5 KHZ. Tamu yang diundang baru 'datang' tujuhpuluh empat menit kemudian (!). Dia adalah: Fernando, EA8AK. Sinyalnya yang 579 membuat saya kaget. Dia pun mengirimi saya RST 579. QSO Top Band kami yang pertama terjadi di Nopember 1998 di mana kami bertukar RST 559.

Halim, YB1A (sk) 'menyodok' masuk ke frekwensi saya, sesaat setelah saya mengetuk "TU". Saya beri dia kesempatan. Rupanya dia mendengarkan QSO kami dari awal. RST bagi Halim adalah 559. Beberapa saat kemudian, sinyal YB1A dari resor Coolibah, Cipanas, memancar jauh (genuine long-path) dan didengarkan oleh Jack, VE1ZZ di Nova Scotia, pantai timur Kanada. Melalui dx cluster Jack menulis 449. Sayangnya, keduanya tidak berQSO untuk menandai pembukaan istimewa ini.

Tidak ada komentar: