23 Februari 2008

Istilah Top Band dan LOW band (was Re: YE6P : Mohon Do'a Restu), Wednesday, Mei 24, 2006 4:34 PM


> From: "edysoes, YC5OYS" <edysoes@chevron.com>
Saya kadang rancu antara istilah Top Band dan Low Band.. apakah ini istilah untuk hal yang sama (160m band)? Top tapi Low? mohon pencerahan..Thanks & 73.

Yth OM Edysoes,
Low bands adalah istilah untuk kelompok band-band amatir radio pada spektrum HF yaitu: 40m, 80m dan 160m. 

       Berdasarkan konvensi, ciri-cirinya adalah bila bekerja pada mode Phone maka di sini akan menggunakan opsi Lower Side Band (LSB). Band-band yang di atasnya sering disebut high bands di mana mode Phone-nya adalah Upper Side Band (USB).
Istilah Top Band diberikan secara spesifik hanya kepada band 160m (1.8 MHz) yang berada pada spektrum MF (Medium Frequency). 

Kata top di awal merupakan sebutan yang khas dan melekat, karena, konon, faktor kesulitannya yang tertinggi (top) untuk beroperasi di sana. Kendala terbesarnya adalah sulit mendapatkan ruang untuk mendirikan antena agar bisa memancar secara sempurna dan memancar jauh/DX dengan sudut take-off yang rendah, sehingga seringkali upaya yang gagal di sini disebut sebagai kerja 'menghangatkan awan' (cloud warming) atawa RF sinyalnya tidak kemana-mana... :-)

Hampir satu dekade yang lalu, seorang Top Bander dari AS pernah merilis data surveinya di majalah berkala Low Band Monitor tentang operator-operator sedunia yang bekerja DX hanya pada Top Band (disebut olehnya: 'DX Top Bander'). 

Yang menarik, saat itu ternyata jumlah  top banders adalah jauh lebih sedikit dari pada jumlah astronot atau kosmonot yang pernah melayang di antariksa untuk mengorbit bumi. Entah benar entah salah...

          Top tapi Low. Lucu juga ya, ?

Tidak ada komentar: