23 Februari 2008

100 DXCC Countries WKD pada Top Band (160m), Kamis, Juni 14, 2007 12:05 PM
Sepuluh buah kartu QSL balasan langsung (direct) tiba di kotak pos saya hari ini. Kebanyakan berasal dari Jepang, karena saya sedang mengumpulkan kartu-kartu stasiun JA untuk klaim Worked All Japan Award (WAJA) pada 160m.
Tiga yang istimewa di antara kartu-kartu balasan tersebut berasal dari C91JR, VU7RG dan EI6IZ. Kesemuanya juga merupakan konfirmasi QSO dua-arah pada top band (160m), mode CW. 
Setelah lebih dari sepuluh tahun ber-DX di 'Kingdom of Noise' maka tambahan kartu-kartu ini telah menggenapi koleksi konfirmasi negara-negara DXCC pada band 160m menjadi 100 buah, semuanya dalam mode CW.
Dalam log saya, pertama kali ber-QSO pada top band adalah 3 Januari 1997 dengan OM Budi, YB0HD (mode SSB). Beberapa hari kemudian dengan OM Zamiel, YF1OO (mode CW). Keduanya confirmed. Sepuluh menit setelah YF1OO, masuk ke dalam log saya stasiun DX pertama, yaitu: Peter, VK6APZ (mode SSB), juga confirmed.
Pada awalnya, keinginan untuk bekerja DX dengan cepat -- dan sebanyak-banyaknya-- pada top band ini begitu besar. Namun, pada suatu waktu, semangat itu entah mengapa telah berubah menjadi lebih menghargai proses dari pada outputnya.
         Semoga top band DXing di Indonesia makin lebih hidup.

Tidak ada komentar: