23 Februari 2008

Re: Hari Kedua CQWW 160m CW 2007, Januari 30, 2007 4:48 PM

From: Arif Faraz
To: orari-news@yahoogroups.com
Sent: Selasa,
January 30, 2007
3:03 PM
Subject: Re: [orari-news] Hari Kedua CQWW 160m CW 2007

>Dari perjalanan kontest saat itu, rekan2 operator YE1ZAT merasakan adanya perbaikan yang significant di banding tahun lalu yaitu penurunan noise level, sehingga 69 QSO dapat didiperoleh. Walaupun mungkin kalo dibandingkan dengan kontest di high band memang terlalu rendah.

Yth OM Arif et. al,

Indonesia sudah ditakdirkan sebagai blackhole bagi Top Bander. Enam
puluh sembilan buah QSO pada Top Band (160m) yang dicapai YE1ZAT dalam
tigapuluh jam mengikuti kontes merupakan prestasi yang belum tertandingi oleh siapapun di Indonesia! Saya jamin itu. Hingga kini, tidak ada rekor yang melebihinya --setidaknya-- sejak saya mulai amati dan bersetia pada band tersebut di 1996. Sangat tidak patut bila dibandingkan dengan perolehan kontes di band-band yang lebih tinggi. Sebab, memancarkan sinyal di sana secara sempurna (untuk DX, bukan sebagai pemanas awan di atas kepala) bukanlah soal 'plug-and-play'. Top Band bukan sekedar band melainkan juga suatu dunia di mana kita bisa menghargai sesuatu yang yang marjinal dan manusiawi. Selain noise yang 'dendam tak sudah'', nada CW yang timbul-tenggelam menjadi lagu yang terindah. Money can't buy...

Saran saya, di tahun depan, YE1ZAT agar dilengkapi dengan antena RX temporer yang lebih berdaya dan sesuai (EWE, Flag, Pennant, Beverage dan lain-lain). Bila perlu, saya siap bertukar pengalaman apa adanya dengan anggota klub tentang hal tersebut.


Tidak ada komentar: