23 Februari 2008

A22 pada sub-band CW 80m, Jumat, September 29, 2006 7:43 AM

Masih teringat ketika lepas tengah malam (WIB) saya berteriak-teriak memanggil stasiun dari A22-land sekitar 1995 dalam mode SSB di DX Window. Ini 'terpaksa' dilakukan karena Botswana tergolong jarang terdengar pada band 80m. Namun, itu hanyalah kesia-siaan...

Setelah itu, pada tahun 2000 saya non-aktif dalam DXing sampai mulai lagi kira-kira setahun yang lalu. Namun, Botswana belum juga terdengar di Cinere.

Hingga 2033Z, 28/9/06, status itu berubah. Stasiun A22/JA4ATV muncul di 3503 KHz sedang di-pile up oleh stasiun-stasiun JA. Kebetulan pagi harinya saya sempat menaikkan inverted-V khusus untuk TX 80m. Kesempatan untuk mencoba. Daya 100 W.Satu ketukan dikirim dan berhasil! Mungkin inilah perbedaan keampuhan mode SSB dan CW untuk DX.

Rupanya, propagasi pun ada di pihak kami. Sinyalnya kuat sekali, RST 579. Dan saya mendapat RST 559 dari op. Take-san. Itu cukup bagi sebuah QSO dua-arah yang sempurna.

Untuk diketahui oleh penggila Low Band DX, saya amati, dalam beberapa hari terakhir, propagasi lumayan baik pada sub-band 80m, CW, di sekitar 2000Z. Mungkin, di Ramadhan ini, saatnya menjadi lebih 'bermanfaat' bagi orang serumah, yaitu: ber-DX sambil membangunkan mereka untuk sahur...

Tidak ada komentar: