23 Februari 2008

CQWW 160m CW 2007, Minggu, Januari 28, 2007 1:37 PM

Setahun yang lalu, di malam pertama terjaring 34 stasiun dalam log YC0LOW. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari pada yang tercatat di malam pertama kontes di tahun 2007 ini, yaitu 16 stasiun saja. Umumnya, yang terdengar hanya dari Eropa, Asia dan Oceania. Tidak ada stasiun dari Amerika Utara apalagi Amerika Selatan. Ini membuktikan bahwa kondisi propagasi Top Band (160m) memang tidak bisa dibilang baik. Misal, negara-negara tetangga dekat: VK, ZL, HS, VQ9, HL, dan JT, tidak terdengar.

Peserta kedua dari YB-land dalam kontes ini adalah YE1ZAT, stasiun kontes Orari Lokal Bekasi yang penampilannya di Top Band selalu impresif. Sinyalnya kuat sampai Tree, N6TR, di Oregon, AS menulis kepada saya pada ON4KST Chatline bahwa dia mendengar sinyal dari Bekasi tersebut, namun panggilannya tiada berjawab. beberapa stasiun dari Eropa juga mengirim spotnya tentang YE1ZAT. Bob, YB5AQB tidak muncul karena dia telah berada sementara di Irak dengan nama-panggilan YI9CC. Tidak terdengar stasiun YB dan/atau YC lainnya.

YC0LOW dan YE1ZAT sempat berada dalam satu frekuensi untuk menjawab panggilan cq contest dari BA4RF. Stasiun Cina ini mengirim sinyal yang sangat kuat, namun lebih banyak gagal dalam menerima panggilan dari stasiun lawan sehingga pada DX Cluster dia dijuluki 'NO EARS,' sebuah ungkapan yang kurang baik konotasinya bagi DXer.

Salah satu penyebabnya, saya kira, adalah BA4RF tidak menggunakan antena RX sehingga hanya antena TX-lah yang dijadikan andalan untuk penerimaan. Tentu saja, dalam kontes, di mana band sangat dipenuhi, ini tidak memecahkan persoalan. Dalam 'persaingan' kami, YE1ZAT berhasil mendapat lebih dulu. Selamat untuk OM Arif dkk. Hingga waktu sebelum subuh tiba (WIB), YC0LOW tidak juga berhasil, he he...

Antena RX yang digunakan pada YC0LOW adalah dua buah single-wire Beverage, masing-masing sepanjang 200 meter, tinggi 3 meter. Keduanya berfungsi baik. Tadinya saya berencana mendirikan satu antena RX tambahan jenis Phased Pennant, dua buah antena RX tipe Pennant yang difasakan pada jarak tertentu. Model ini di-endorse oleh Gary, KD9SV, untuk digunakan dalam DXpedition 5A1A silam yang sangat berhasil. Namun, rencana saya gagal karena pada Sabtu siang, saya harus mengerjakan hal lain di luar rumah. Padahal, kawat (antena dan coax RG58), transformer dan coax-combiner-nya sudah siap.

Walau tidak semua stasiun dari negara tetangga terdengar, hati cukup gembira bertukar RST dengan Stan, diplomat Ceko eks-YB0AJR, mengoperasikan 3W3W.

Bagaimana kondisi di malam kedua? Stay tuned, pse.


Tidak ada komentar: