23 Februari 2008

Kondisi Top Band Pagi Ini (WIB), Rabu, Desember 27, 2006 7:41 AM

Lama saya tidak menulis di sini karena beberapa hal. Pertama, propagasi yang
memburuk seiring dengan datangnya musim hujan. Yang lebih sering terdengar hanyalah static noise. Ini membuat malas campur kawatir untuk transmit. Kedua, kesibukan dalam bekerja sehingga tidur malam lebih cepat.

Musim hujan --dan petir yang ganas-- di Cinere telah mengakibatkan tumbangnya tiang bambu antena dan kerusakan serius jaringan internet di rumah, di antaranya: kabel LAN putus, rusaknya hub dan eksternal electronic keyer. Untunglah semua transceiver dalam keadaan aman. Dengan bantuan kawan-kawan, di tengah kesibukan masing-masing, satu per satu diperbaiki hingga akhirnya siap digunakan pada sore hari libur 25 Desember 2006.

Pagi ini (WIB) saya memanggil CQ, mulai 2115Z, pada 1824.5. 100 Watts, CW.
Tiga menit kemudian JA3FYC melapor ke DX Cluster: "YC0LOW 589 cq no taker," tulisnya. Kondisi band yang 'tenang-seimbang' ditambah nilai RST yang diberikan memberikan optimisme besar. Ternyata, benar. Ketika antena RX Beverage 30 derajat diaktifkan, terdengar jelas respon dari beberapa stasiun JA. Dalam duapuluh lima menit kemudian, sepuluh stasiun JA (call areas 1, 3, 4, 5 dan 6) masuk ke dalam log plus satu stasiun RA5. Beberapa stasiun luput dari pendengaran karena sangat lemah.

Pada 2134Z dan 2152, RA6AX dan LA3XI mengirim DX spot karena mendengar
transmisi saya.
Walau hari ini tidak memperoleh stasiun negara DXCC baru, DX spots dan pertukaran RST pada Top Band (160m) pagi ini membuat hati terhibur: sistem di hamshack sudah pulih!

Tidak ada komentar: