23 Februari 2008

Propagasi SKY WAVE dan GROUND WAVE (was:) Re: [orari-news] Kontes IARU 2006 pada Top Band (160m), Juli 11, 2006 2:40 PM

Re: Kontes IARU 2006 pada Top Band (160m), Senin, July 10, 2006 4:55 PM
Biasanya kondisi 'skip' pada suatu daerah tertentu hanya terjadi di 26-30 MHZ. Tapi aneh jg bhw ini terjadi pd 160m ya? Wass, 73 de YB8EIP-Sulwan

Yth OM Sulwan,
Terima kasih atas responnya. Untuk menjawab dan menyimpulkannya, saya terpaksa baca teori-teori. Mudah-mudahan jawabannya tidak salah.

Kondisi 'skip' memang acapkali terjadi pada high bands (HF) yang mengandalkan propagasi sky-wave. Istilah 'skip' itu sendiri merupakan nama lain dari propagasi sky-wave di mana sinyal direfraksi kembali ke bumi/tanah oleh lapisan ionosfir. 

Namun, pada Top Band (160m), yang frekwensinya terletak pada spektrum MF, propagasinya adalah ground-wave. Gelombang radio yang merambat lewat propagasi jenis ini sebenarnya akan merambat lebih jauh karena lengkung permukaan bumi cenderung menariknya ke arah bawah (ground). 

Karena propagasi 'ground-wave', transmisi sinyal radio Anda dapat menjangkau sebuah antena stasiun lawannya yang terletak di bawah horison - yang mustahil terjadi pada propagasi jenis line-of-sight. Namun, karena sinyal yang merambat tersebut berinteraksi dengan tanah, maka saat berjalan dia banyak kehilangan energi. Ini mengakibatkan jangkauannya menjadi terbatas.

Bila stasiun YE1O dalam kontes IARU 2006 bisa menjaring banyak stasiun JA pada Top Band, sementara tidak terdengar apapun di QTH saya, mungkin salah satu penyebabnya adalah YE1O sangat dekat dengan pantai ketimbang lokasi YC0LOW di Cinere (lebih dari 27 km ke selatan Jakarta) --yang merupakan lahan tanah perkotaan yang padat penduduk dan sangat luas. Pasti, sinyal tersebut 'terserap' habis, entah di lokasi mana.

Kemungkinan lain, adalah: sudut datangnya sinyal radio dari JA-land lebih 'favourable' bagi sistem antena di YE1O. Tapi, ini merupakan bahasan lain lagi.Senang mengetahui bahwa Anda pun seorang pemantau Top Band. Tnx.

----- Original Message -----
From: Jo, YC0LOW
Sent: Jumat, July 14, 2006 5:21 PM
Subject: Re: Balasan: FW: [orari-news] Kontes IARU 2006 pada Top Band (160m)
Yth OM John, YB0JAX
Terima kasih atas penjelasannya tentang sistem antena TX/RX di YE1O. Apakah bisa ditembahkan keterangan tentang sistem matchingnya, terutama untuk inverted-L nya?
Tnx es 73 de Jo, YC0LOW
Antena Delta Loop saya gunakan wire serabut dia. 4mm, dengan total panjang 176 mtr dan untuk inverted L saya gunakan wire dengan dia. 2.5 mm dengan total panjang 86 mtr.

Tidak ada komentar: