23 Februari 2008

Pembukaan Propagasi Top Band (160m) 20 September 2007, Jumat, September 21, 2007 6:53 AM

Musim LOW bands sudah tiba sejak awal September 2007. Banyak stasiun DX yang sudah terdengar di 40m dan 80m, SSB maupun CW. Namun, hanya sedikit yang kedengaran di top band (160m) karena justru di sanalah bercokol static-noise yang tinggi. Mungkin akibat badai yang terjadi di berbagai penjuru dunia.
Penyebab lainnya adalah yang biasa disebut 'Dragon' (naga) yang bersumber dari Taiwan/Cina. Bila sedang muncul, sang naga bisa memberi gangguan/interferensi yang tinggi mencakup hampir semua frekwensi sub-band DX Window pada top band. Pengaruhnya terasa di Asia dan Oceania. Diduga, gangguan naga adalah hasil dari over the horizon radar (OTHR) militer dari kedua negara tsb.
Satu-satunya pancaran sinyal yang layak dijadikan semacam 'beacon' pada top band, CW, sejak awal bulan ini, hanyalah yang berasal dari dxpedisi 3B7C. Hampir semua top bander dunia berhasil mendengar sinyal pada saat puncak sun rise di pulau St Brandon & Agalega itu, setiap hari! Bahkan, VK3ZL dan VK6HD masih jelas menerima sinyalnya walau sun rise di Australia sudah lewat 1 atau 2 jam! Mungkin ini bukti kehebatan antena Titanex 160V.
Pagi ini (WIB) suasana sedikit beda. Setelah sahur, saya mendapati bahwa noise level lebih rendah daripada biasanya. Kemudian di 1831 KHz, terdengar banyak stasiun dari Eropa yang berusaha masuk ke log 3B7C. Bunyi CW seperti bunyi di pasar saja layaknya. Artinya sinyal kuat terdengar. Saya, buka warung pada 1828.3 KHz sehingga spasinya cukup jauh dengan frekwensi yang ramai itu.
Sejak 2155Z s/d 2240Z, pembukaan propagasi top band memungkinkan YC0LOW melakukan QSO CW dengan SM3CCM, SM3PHM, G3PQA, RX0AE, G3LZQ, G4PWA dan G3CKG. Jarak dari Cinere, Jawa Barat ke kawasan itu adalah lebih dari 10.000 km. Saya juga mendapat laporan dari Karel, ZS6WN, bahwa sinyal saya terdengar olehnya. "the best ever," tulisnya pada spot DX Cluster. Padahal, daya pancar hanya 100 Watt dari Icom IC-746Pro. Dan, biasanya, pembukaan ke ZS-land terjadi lebih dini waktunya (lepas tengah malam, WIB).

Sertifikat WPX 2007 untuk YC0LOW juara #1 Indonesia dan #1 Oceania kategori LOW Power
Sebenarnya, bisa lebih banyak lagi stasiun dijaring. Namun, waktunya bersamaan dengan aktifnya stasiun 0J0B pada 1830 KHz, sehingga banyak stasiun yang lebih berhasrat ke sana. Saya sendiri pun begitu. Tapi, pile-up stasiun dari Eropa, Amerika Serikat dan Kanada ke OJ0B masih sangat kental. Saya mendengar jelas YD0NWO op. Chandra, di Cinere, memanggil CQ pada frekuensi tsb. Mungkin, dia tidak mendengar ada stasiun langka di sana...


Mendengar pada top band pada bukanlah jaminan keberhasilan QSO

Tidak ada komentar: