23 Februari 2008

Re: SoftRock-160 Receiver Kit, Jumat, Juni 09, 2006 2:40 PM

>From: "Harya Sidharta" <haryasidharta@yahoo.com>
>Salam kenal. Mohon maaf sebelumnya saya ikutan di sini karena saya hanya ex-amatir radio (ex-YD0WCL 1987 s/d 1989 ngga pernah di perpanjang ), kebetulan saya tertarik mengenai SoftRock-160 Receiver Kit, saya ingin tahu hasilnya setelah kit tersebut di rakit , karena saya juga baru menerima kit >SoftRock-40/80, untuk band 40 dan 80 m yang saya beli dari http://www.wsplc.com , saya belum merakitnya karena kesibukan dan juga soldernya yang 20 watt dengan grounded tip belum saya dapat, untuk menyolder nya.Juga terutama nanti pada saat konek ke PC dan menjalankan sofwarenya.Mudah2an trik perakitan dan performance receivernya bisa di paparkan di sini. 73

Yth OM Harya,
Senang mengetahui bahwa Anda juga memiliki SoftRock RX kit untuk band 40m dan 80m. Saya kira, SoftRock 40m band akan sangat membantu contester karena pada band ini, biasanya sangat crowded bila sedang ada kontes.

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya di sini, uji-cobanya belum selesai di stasiun YC0LOW karena saya hanya berkonsentrasi di 1,8 MHZ ('tidak buka cabang' alias tidak bekerja di band-band yang lain).

Dari percobaan sepintas, saya merasa lebih cocok mengkombinasikan kinerjanya dengan aplikasi software WinRad. Yang kedua, dengan Rocky. Saat mencobanya, saya 'turun' ke 3505 KHZ untuk menerima CW. Padahal kit tersebut ditala untuk 1820 s/d 1868 KHZ. Jadi, hanya sinyal kuat sajalah yang berhasil saya terima/dengar dan lihat berupa gambar kurva di layar notebook saya. Bila dibandingkan dengan receiver Yaesu FT1000MP yang punya Digital Signal Processor, penerimaan dengan SoftRock + WinRad memang lebih baik. Kita bisa mem-filter tone menjadi lebih tajam karena unwanted signal bisa dieliminasi. Saat ini, transceiver saya tersebut belum dipasangi roofing filter RX dari INRAD.

SoftRock 160m saya hubungkan dengan Loop RX antenna yang ditala untuk 1,8 MHz tapi tiada apa pun yang terdengar sampai pagi tadi (WIB). Tidak juga sinyal dari VK6. Saya membayangkan kondisi seperti itu akan bertahan lama --apalagi di Eropa sedang ada bal-balan sejagad (Piala Dunia).

Saya memutuskan untuk membeli kit-nya secara built in-and-tested (dengan menambahkan sekitar US$ 10) dari Tony Parks, KB9YIG. Saya ikuti petunjuk dari seorang kawan Top Bander di Australia karena menyadari bahwa alat-alat solder dan pengalaman/kemampuan menyolder saya sangat terbatas sehingga uji-coba receiving perdananya tidak mengalami kegagalan karena solder salah.

Sementara itu dulu penjelasannya. Tnx.

Tidak ada komentar: