23 Februari 2008

HV0A QRV pada 80m. Minggu, April 01, 2007 11:50 AM

"To celebrate the election of the new Pope Benedict XVI, Amateur Radio operator Francesco, IK0FVC, will be active from the Vatican as HV0A during this week. QSL via IK0FVC" demikian informasi singkat di internet dari Trevor, M5AKA.
Dalam minggu-minggu terakhir, sinyal HV0A di 80m, CW terdengar baik di Cinere. Namun, saya belum berhasil juga mendapatkannya - kecuali pada 15m, CW. Tadi, pagi (1/4/07) menjelang pukul 0500 WIB, HV0A muncul lagi di 3508 KHZ split-up 2. Sinyalnya steady 569 selama satu jam penuh pada Beverage 270 derajat saya! Kekuatan sinyalnya tidak juga bertambah saat puncak sun rise di Cinere (2256Z).
Bila diingat lokasi kota Vatikan di tengah Roma yang padat, tampaknya, Francesco, IK0FVC, mengalami beberapa masalah, antara lain: sulit menaikkan ketinggian antena TX dan/atau sulit mendapat lahan untuk merentang antena RX untuk LOW bands. Masalah kedua, adalah gangguan/QRM dari stasiun-stasiun di Eropa (terutama dari Italia) yang ingin mendapatkannya, walau HV0A, pagi ini (WIB), terdengar berkali-kali mengetuk "EU PSE QRX"
Tidak banyak yang diketahu tentang 'karir' Francesco sebagai ham. Tapi, dari kecepatannya yang tinggi dalam mengetuk kode Morse dan jarangya dia memprakarsai operasi split-up/QSX, bisa jadi dia punya jam terbang yang relatif rendah pada LOW bands. Bisa jadi juga dia tidak akan beroperasi pada Top Band (160m).
        Kalau begitu, benarlah inti pesan di awal artikel ini, bahwa operasi HV0A memang tidak dirancang untuk memberikan kesempatan memperoleh negara DXCC baru bagi sebanyak-banyaknya amatir radio di dunia.

Tidak ada komentar: