23 Februari 2008

Hari Kedua CQWW 160m CW 2007 Senin, Januari 29, 2007 7:33 AM

Hari Kedua. YE1ZAT terdengar masih aktif dan bersemangat. Tambahan tujuh
negara saya dapatkan sehingga jumlahnya menjadi 19 negara DXCC. Utamanya saat dinihari (WIB) kecuali VK6VZ/6 yang 'worked' selepas sun-set (WIB). Hanya satu yang benar-benar negara baru dalam koleksi, yaitu: YU1LA, menjadi 101 buah (worked). Ini dimungkinkan karena kondisi propagasi ke Eropa membaik sejak 2130Z.

Ketukan CW mereka tersebar dari 1810 KHZ, frekuensi terbawah pada band-plan
Top Band (160m) di Region 1, sampai dengan 1846 KHZ. Band sangat padat di Eropa.
Jadi, tidak heran bila pekerjaan re-tuning menjadi keharusan bila ingin 'mengejar' stasiun baru yang bekerja pada frekuensi di luar resonance bandwith dari antena TX. Di ujung sana, saya yakin masalah mereka lain lagi, yaitu interferensi.

Menjelang subuh (WIB) saya ubah taktik menjadi hanya mengejar stasiun dari
negara baru. Itu sebabnya saya memanggil YU1LA tersebut di atas. Upaya memanggil 4O1A tidak berhasil sehingga kehilangan poin. Tapi entitas Serbia sudah 'masuk ke saku' saya. Lewat chat-line, stasiun-stasiun dari Slovenia dan Rusia mengajak saya untuk ber-QSO. Tentu saja tidak dilayani karena hal itu dilarang dan memang bukan begitu cara berkontes (pada gentlemen's band ini).

Selain dua yang disebut tadi, beberapa stasiun Eropa yang masih terdengar baik saat sun-rise di Cinere antara lain: OM0WR, OM8A, HG3DX, C4M, HA6NL. Sebuah kesempatan langka bila berharap bisa mendengarkannya pada hari-hari biasa...



Tidak ada komentar: