23 Februari 2008

Pembukaan ke OH-land pada Top Band (160m), Sabtu,, December 30, 2006 1:57 PM

Setelah lama ditunggu, pembukaan propagasi pada Top Band (160m) ke Eropa --lebih spesifik lagi ke OH-land, akhirnya terjadi di pagi dini hari ini (WIB).

Dua stasiun YB, yaitu YB5AQB dan YB1AME sudah lebih dulu bekerja di frekwensi. Sedangkan saya baru memanggil CQ DX sekitar 2100Z, pada 1824.5 KHZ. Kehadiran keduanya telah dilaporkan ke DX Cluster oleh beberapa stasiun EROPA.

Walau pun level static-noise lebih tinggi dari pada dua hari kemarin (di mana saya berhasil kontak dengan Ben, 5B4AGM), saya tidak menemukan kesulitan untuk meng-copy sinyal dari stasiun-stasiun OH. Sejak 2100Z, berturut-turut masuk ke dalam log OH1XX, OH4KZM, OH2BH, OH1PS, OH2TT dan OH1ND. Jarak dari Cinere ke OH-land lebih dari 10.000 km. Aneh, semua sinyal diterima dengan antena TX. Tidak terdengar di Beverage saya.

Di antara QSO, terdengar F5VKM memanggil (2113Z). Sejak ketukan pertamanya, saya dapat mendengar jelas, lalu saya kirim RST: '559 QSB'. Sayangnya, dia tidak mendengar karena QRM di Eropa, banyak stasiun EROPA memanggil saat saya kirim transmisi. Hal ini dikonfirmasi oleh John, G3PQA dan Rob, GM3YTS lewat cluster. Rupanya sinyal saya terdengar juga di United Kingdom. Bahkan, John, OZ1LXJ melapor bahwa dia mendengar sinyal saya dari Beverage-nya yang arah 300 derajat, sebuah anomali yang membuatnya merasa ada yang salah pada antenanya, hi...

Rob mengirim RST 569 dan menyarankan supaya saya QSX up. Dalam beberapa menit kemudian, saya bekerja split. Terdengar stasiun SM5Z, OM3CGN memanggil. Belum sempat membalas, tiba-tiba sinyal menghilang ditelan alam.

Pembukaan ini tidak memberi negara DXCC baru kecuali 'racun' untuk berasyik-masyuk lagi dengan radio, esok, dini hari...

Tidak ada komentar: