23 Februari 2008

SoftRock-160 Receiver Kit, Selasa, Juni 06, 2006 7:06 AM

Dalam rangka mencapai 'receiving excellence' pada Top Band (160m) saya baru saja menerima pesanan kit SoftRock dari AS via pos.
SoftRock adalah 'software defined radio' (SDR), berupa sebuah rangkaian alat penerima/kit receiver berukuran kecil, murah, dan konon, berkinerja baik sebagai penerima yang dihubungkan ke komputer melalui port-USB dan/atau LINE-IN, untuk mengirim sinyal audio I-Q ke sound card komputer.
Alat penerima ini dirancang oleh Tony Parks, KB9YIG dan Bill Tracey KD5TFD sebagai "proyek percontohan SDR" (dimulai untuk band 40m) bagi amatir radio di mana pun untuk mencoba software defined radio (lihat:http://www.amqrp.org/kits/softrock40/index.html

Setelah kit-nya terjual lebih dari 800 buah ke seluruh dunia (awalnya hanya dipesan oleh oleh kaum 'QRP-ers' untuk mendengar sinyal-sinyal yang lemah), maka pengembangannya ditujukan juga untuk kaum lainnya, misalnya untuk Top Bander DX pada 160m yang juga sering mengalami kesulitan membaca sinyal yang lemah. Muncullah produk baru yang dinamai SoftRock-v60 untuk 160m band.
Alat ini dapat dipesan/dibeli melalui pengiriman pembayaran PayPal kepada raparks@ctcisp.com atau melalui kiriman money order kepada: Tony Parks, 1344 E 750 N, Springport, IN 47386, USA
Harga kit adalah US $15 untuk DX (termasuk ongkos kirim). Ketika kiriman paket tiba di Kantor Pos Cinere 16514 saya harus membayar ongkos sebesar Rp 3.000.
Kit untuk 160m akan 'tuned' dari 1.82 MHZ to 1.868 MHZ untuk soundcard dengan sampling pada 48KHz. Bila soundcard mampu sampling pada 96KHz maka tuning range akan bertambah 24 KHz pada tiap kedua ujung dari batas frekwensi di atas, lihat http://ewjt.com/kd5tfd/sdr1k-notebook/sr40/v6-pics/index.html

Untuk 'memainkan' kit receiver ini diperlukan beberapa software yang bisa di-download secara cuma-cuma, misal:
Flex Software< http://www.flex-radio.com/>
Rocky Software<http://www.dxatlas.com/rocky/>
KGKSDR Software <http://www.m0kgk.co.uk/sdr/index.php >
SDRadio Software <http://digilander.libero.it/i2phd/sdradio/index.html >
Winrad Software <http://digilander.libero.it/i2phd/winrad/index.html >

         Kinerjanya belum bisa saya laporkan di sini karena barang baru saja tiba. Namun, satu hal, satu lagi bukti bahwa terlalu banyak ilmu pengetahuan yang bisa didapat dari hobi amatir radio ini.

Tidak ada komentar: