23 Februari 2008

Top Band pada Kontes CQWW CW 2006, November 27, 2006 7:10 AM

Kondisi Top Band (160m) selama dua hari kontes tahun ini merupakan anti-klimaks - setidaknya di stasiun YC0LOW. Level static/QRN begitu tinggi dan absorbsi juga bukan main buasnya sehingga sinyal-sinyal dari 9M2, 8Q7 dan VK6 pun dilahapnya habis. Hanya 'sisa'nya yang lolos terdengar lemah oleh saya. Tidak satupun sinyal dari EROPA terdengar sepanjang hari pertama kontes. Begitu pun di hari kedua. Sinyal dari JA pun hanya sesekali terdengar namun tidak cukup kuat untuk menjadi modal QSO. Biasanya, kerumunan stasiun dari JA merupakan penyumbang skor yang berarti dalam kontes.

Kondisi propagasinya berbeda dengan band 80m, CW, yang terbuka hampir sepanjang malam, WIB. Terdengar banyak stasiun dari Amerika Utara dan Selatan dengan kuat sinyal yang lumayan. Sayangnya, pada kontes ini, saya memilih untuk bekerja hanya pada Top Band., single-op.

Dua buah antena RX tipe Beverage yang bekerja baik, ternyata belum cukup untuk diandalkan dalam kontes, bila propagasinya buruk. Alhasil, tujuh negara DXCC (6 negara DX) diperoleh dalam kurun waktu selama duabelas jam. Selain Bob, YB5AQB, tidak terdengar adanya stasiun lain dari YB-land yang berkontes pada Top Band. Sedangkan Bob bekerja multi-band.

Spesifikasi stasiun YC0LOW pada contest QTH; Rig: Yaesu FT-1000MP, Icom IC-746 Pro. Antena TX: Dipole dengan feedpoint setinggi 40m DPT, RX: terminated Beverage masing-masing panjang 180m (ke Timur,40 derajat) dan 200 (ke Barat, 290 derajat) meter, tinggi 2 meter DPT. Top Band: THE band with tortures...

Tidak ada komentar: