23 Februari 2008

Antena RX jenis Beverage di Cinere, Jumat, October 20, 2006 3:04 PM

Kemarin sore, satu antena RX tipe Beverage selesai didirikan di Cinere. Tipenya unterminated sehingga arahnya mendua (bi-directional) ke 30 derajat Timur-laut (north east) dan 210 derajat south west, panjang 200 meter, tinggi 4 meter. Batang ground-nya dibuat dua buah pada kedua ujung. Transformer dibuat home-made, gulungan kawat berdiameter 0,3 mm berinsulasi, trifilar pada toroid ferit Amidon FT 50-43 (lihat gambar kiri bawah)

Menurut saya, inilah antena yang sangat baik untuk receive. Sangat tenang dan tiada noise yang berlebihan. Tidak diperlukan pre-amp untuk antenna ini. Rasio Signal-to-Noise menjadi ideal. Antena mudah dibuat dengan keahlian seadanya -- seperti saya. Kinerjanya jauh lebih baik bila dibandingkan dengan EWE dan Flag yang sudah saya gunakan selama 3 minggu ini.

Tadi subuh, sebelum sahur, saya bisa mendengar stasiun JA (sun rise di sana) dengan readability yang bagus, padahal dengan inverted-L sama sekali tidak terdengar karena sinyalnya terbenam di dalam derau. Memang, lawan bicaranya tidak terdengar karena ada di benua Eropa.

Sore ini, satu lagi Beverage yang didirikan menuju arah 290 derajat North West juga akan siap. Spesifikasinya sama persis dengan yang pertama. Mudah-mudahan bisa mendengar EROPA bila kondisi propagasi membaik, malam ini.

Beverage antena untuk receive pada Top Band (160m)? Sekali dicoba, pasti akan lupa yang lain...

Tidak ada komentar: