23 Februari 2008

Stasiun Radio Siaran Gelap, Selasa, September 26, 2006 5:27 AM

22 Juni 2006, saya sempat mengirim pesan ke maillist ini tentang munculnya stasiun radio siaran gelap dengan penyiar Ali Duren pada 1845 KHZ.

Di hari pertama Ramadhan 2006 ini siaran ini muncul lagi. Walau belum teridentifikasi, namun ciri-cirinya mirip, yaitu terletak di sebelah barat Cinere (penerimaan saya menggunakan magnetic rx-loop antenna). Frekwensi kerjanya sekarang adalah 1818 KHZ. Belum terdengar ada penyiarnya bicara selain lagu-lagu gambus dan rekaman lantunan ayat-ayat suci Al Quran.

Pagi ini (WIB) sesaat setelah waktu subuh, siaran tidak terdengar bunyinya, walau carriernya tetap mengudara. Mungkin operatornya sedang ketiduran (atau lebih parah lagi, bila dia lupa punya transmitter yang belum dimatikan). Ini terjadi sampai dengan 0526 WIB.

Bila dimodulasi, gangguan yang diakibatkannya sangat luar biasa. Interferensi noise-nya masih terdengar hingga 1835 KHZ! Tentu saja Top Band (160m) di QTH saya menjadi useless...

Mohon perhatian dan bantuan dari Bagian Monitoring Orari DKI Jakarta Raya dan/atau Orari Banten agar bisa berkoordinasi dengan Balai Monitor Departemen Perhubungan RI untuk menghentikan kegiatan siaran ini supaya Top Band (160m) tidak menjadi useless...

Tidak ada komentar: