23 Februari 2008

8P9 pada 80m CW, Minggu, November 12, 2006 8:56 AM

Pagi ini (WIB), Top Band (160m) benar-benar mati. Entah kapan band ini bisa mengalami kebangkitan lagi.

Karenanya, saya turun ke 80m band, mode CW. Ada banyak 'pilihan' menarik yang terdengar di sana (5Z4DZ, 9J2VB dan lain-lain), tapi, pile-up sangat tebal. Beberapa kali saya mencoba, rupanya masih teraniaya dengan sinyal-sinyal kuat dari Eropa. Maklum, saya hanya menggunakan antena TX home-made inverted-V yang feeder-line nya adalah ladder-line 450 Ohm, tinggi feedpoint 20 meter. Daya yang digunakan pun hanya 100W.

Saya pilih 3508 KHz yang bersih untuk memanggil CQ. Namun , sesaat kemudian, pada antena RX Beverage barat-laut, terdengar panggilan CQ pada 3508.3. Setelah diamati ternyata dari 8P9NX. Awalnya saya meng-copy nya sebagai 8P9TX, namun pada pertukaran kedua, menjadi jelas bahwa pada sufiksnya "T" adalah "N". Ketukan 'dit' memang sering luput di-copy ketimbang 'dah'. Singkatnya, pada 2220Z kami bertukar RST 559. 8P9NX merupakan stasiun baru yang ke-166 bagi saya pada 80m band (mixed)

Barbados terletak pada arah 298 derajat, jarak 18.295 km dari Cinere. QTH kami nyaris antipodal. Ini merupakan long path sejati. Beverage antena RX telah 'menghadiahi' saya dengan penerimaan yang istimewa! Senang mendapat negara DXCC yang baru...


Tidak ada komentar: