23 Februari 2008

LATUMETEN HAM Festival 2006, Wednesday, Juni 21, 2006 6:40 PM

> From: "pbgindo" <firson.maryutenli@gmail.com>
>
OM Stanley, yang di Latumenten ini balon sungguhan, Jadi wire antenna dikerek pake balon gas ke atas, sehingga bisa berdiri vertikal. Regards, Firson - YC0LZH
> --- In orari-news@yahoogroups.com, "Stanley Iskandar" stanisk@... wrote:
>> Sekedar untuk menghindarkan salah pengertian: Namanya bukan Ballon atau Balon tapi Balun. Balun itu adalah acronim dari Balanced to Unbalance transductor. Balun itu bukan sebuah antenna, melainkan suatu device yang melakukan matching antara sebuah Antenna yang balanced (umpamanya Dipole) dengan transmission line yang unbalanced umpamanya coaxial cable.
Stanley Iskandar, YBØAL

Ya, OM Firson betul. Rencananya, pada Special Event itu akan ada kegiatan yang pertama kali dilakukan di Indonesia, yaitu: eksperimen Balloon Lifted Antena for Top Band, yaitu, eksperimen penggunaan balon gas ukuran besar sebagai penyangga kawat antena vertikal untuk transmisi pada band 160m (dan juga pada 80m). 

Dipandu oleh Bob, YB5AQB (ex-9V1GO, G4VGO, EI7IU, SV0BV, KY0C). Sebagai seorang Top Bander terkenal, Bob juga dikenal sebagai praktisi sistem antena transmisi HF dengan balon sebagai penyangganya. Teknik ini telah diujinya di mana-mana dan telah memungkinkan pemunculan banyak DXer lain pada low bands walaupun mereka tinggal di kawasan pemukiman atau di kota yang padat.
Sistem ini akan memberi peluang lebih mudah untuk mendirikan antena transmisi jenis vertikal di mana saja di seluruh dunia! Sangat berguna bagi individu maupun tim DXpedition yang mau bekerja di band 160m dan 80m. Bob juga rencananya akan menaikkan layang-layang sebagai penyangga alternatif selain balon gas.Diuraikan oleh Bob secara rinci pada website-nya: http://www.qsl.net/g4vgo.

Kita akan mendapat kesempatan istimewa untuk melihat caranya bekerja dan bertanya langsung kepadanya di special event ini.

Tidak ada komentar: