23 Februari 2008

YC1RIF, YC1KKK dan YD1COZ pada Top Band (160m), Senin, July 31, 2006 4:46 AM

Seminggu terakhir ini, saya amati, tidak banyak yang terjadi pada Top Band (160m) karena propagasi yang buruk. Noise level mencapai S7-S9+ pada saat-saat sun set dan sun rise (WIB) di Cinere.
Walau pada DX Cluster terungkap bahwa stasiun-stasiun 4O3T dan KH8SI sudah QRV pada band tersebut, namun saya belum mendengarnya. Stasiun DX terakhir masuk log adalah RL3FT op Yuri. Sinyalnya tiba di stasiun saya 579 pada 27 Juli 2006, 2250Z.
Yang menyenangkan adalah munculnya beberapa stasiun dalam negeri seperti YC1RIF op. Arif, YC1KKK op. Supra, dan YD1COZ op. Yusivar. Ketiganya muncul pada 29/7/06 menjawab panggilan CQ DX saya. Semua tampil dengan sempurna, RST 599. Melihat jaraknya, sinyal YC1KKK dari Bandung mengalami QSB ringan dibanding dua yang lain.
        Terima kasih bagi YC1RIF dan YC1KKK yang membalas RST 599 kepada saya. 
        Masih tanda tanya bagi saya mengapa untuk kedua kalinya Yusivar, YD1COZ, malam itu, tidak mengirim radio report kepada saya.

Tidak ada komentar: