23 Februari 2008

Afghanistan (YA) Aktif pada LOW Bands, Senin, Januari 22, 2007 4:45 PM

Afghanistan (YA) merupakan negara langka dalam dunia DX. Mungkin, penyebabnya adalah perang yang berkepanjangan di sana, sehingga warga aslinya lebih suka membawa Kalashnikov dari pada radio transceiver. Kondisi yang tidak menentu itu sudah berlangsung lama sehingga stasiun dari YA-land nyaris dilupakan dunia. Seperti apa bunyinya?
Alex, LY1Y, operator DX dari Lithuania sedang berada di sana untuk empat bulan lamanya, demikian tulisnya dalam email kepada saya beberapa waktu lalu. Tidak jelas apakah dia seorang tentara atau sipil opsir komunikasi. Yang pasti, dalam satu minggu ini, DX spot banyak memuat info aktifitasnya, terutama pada band-band LOW (80m dan 160m, CW) yang saya pantau, di saat-saat menjelang waktu subuh di WIB. Dalam pile-up yang dipenuhi oleh stasiun JA, dua malam lalu saya berhasil mendapatkannya pada 3.5 MHZ sebagai negara baru. Kami bertukar laporan RST 579.
Dini hari ini (WIB), YA/LY1Y aktif pada Top Band (160m), CW. Namun, sinyalnya tidak terdengar di Cinere. Dalam emailnya barusan, Alex menyatakan bahwa dia bersedia memenuhi permintaan sked saya pada Top Band. Jelas bahwa Alex bisa terhubung dengan internet. Menurutnya, dia yakin bisa terjadi karena pagi ini dia berhasil kontak dengan XU7ACY.
Ternyata bunyinya sama saja... :-)

Tidak ada komentar: