23 Februari 2008

CW dan Maju, was Re: Reciprocal W7NZ de YB9BU, Minggu, March 11, 2007 2:06 PM

Re: Reciprocal W7NZ de YB9BU
Sent:
Sunday, March 11, 2007 1:13 PM
OM Jo,
Yg saya maksud persyaratan yg macem2 nya ....kalo soal cw, ya itu hanya untuk sebagian dari amatEropar radio community yg menjadi penghalang bagi mereka. Sorry kalo kurang jelas maksudnya :)

73, Iwan - W7NZ

Yth OM Iwan.  
Terima kasih banyak atas penjelasannya.
Saya teringat, pada awal karir sebagai amatir radio (1993), saya menguasai pas-pasan kode Morse sehingga lebih condong sebagai Phone Operator. 40/80m 100 DXCC saya adalah dalam mode SSB (2000). Dalam DXing, saya tiba pada suatu titik nadir mode SSB. Bersyukurlah kita diberi peluang untuk menggunakan mode lain, misal CW, yang bisa (lebih) menembus batas DX.
Sejak 1996, lebih sering saya main CW (terutama karena mau bekerja DX di Top Band) hingga sekarang (hanya sesekali pasang mikrofon). Sejak itu, 'rate' perolehan DXCC saya lebih baik dari pada sebelumnya. Operasi dengan CW telah mengajarkan saya untuk komunikasi DX yang efektif/efisien dan banyak berhemat (bandwith TX/RX, daya pancar, sintaksis, dan lain-lain). Selesai sudah urusan RFI, XYL yang terganggu dengan teriakan lewat-tengah-malam, dan lain-lain.
Untuk rag-chewing dengan CW, saya tidak semahir kawan-kawan yang sering terdengar di 3825 atau 7025 KHz.
Saya senang bila CW tidak diujikan sebagai prasyarat. Biarlah setelah menjadi amatir radio mereka memilih jalannya sendiri. Menurut saya, pencinta CW tidak dididik melainkan dilahirkan!

Tidak ada komentar: