23 Februari 2008

Kontes IARU 2006 pada Top Band (160m), Senin, July 10, 2006 3:46 PM

Kondisi propagasi Top Band (160m) pada akhir pekan lalu lumayan baik di Cinere.

        Sejak sunset (WIB) terdengar YE1O aktif menjaring banyak stasiun JA pada mode CW. Anehnya, saya tidak bisa meng-copy satu pun sinyal stasiun lawannya. Baik pada antena TX maupun pada RX tipe loop. Inilah yang disebut sebagai search-light propagation pada Top Band, di mana sinyal ke sebuah lokasi, belum tentu jatuh/terdengar merata ke lokasi lain di sekitarnya. 

       Karena banyak acara, maka saya tidak bisa mengikuti kontes ini secara serius, sehingga selain stasiun dalam negeri tersebut, saya hanya membukukan ES9HQ (08/07/06) pada 2114Z. Padahal, banyak stasiun Eropa lain yang terdengar sayup-sayup.

Kendala-kendala rutin yang saya temui dalam kontes-kontes internasional pada Top Band adalah:
    1. Kecepatan pengiriman CW yang tinggi. Bisa 25-30 WPM. Tentu saja membuat saya kewalahan.
    2. Tirai sinyal yang sangat kuat di Eropa yang sulit ditembus oleh stasiun dari jauh -- low power, pula.
Konon, stasiun YE1O adalah stasiun kontes Orari Daerah Banten yang memancar dari Anyer, Banten. Bagaimana set-up dan operasinya pada Top Band dalam kontes ini? Good luck!

PS: Disayangkan, saya tidak mendengar stasiun dari YB-land yang ikut kontes IARU mode SSB pada Top Band.

Tidak ada komentar: