21 Februari 2008

Top Band 08/04/06: Low Bands QSO Party, Minggu, April 09, 2006 8:11 AM

Seperti biasa, saya terbangun beberapa saat sebelum 2100Z. Jarang saya temui 'keramaian' pada Top Band (160m) seperti ini, di mana banyak stasiun dari Indonesia aktif. Pada 1850 terdengar YC0MFS memanggil, SSB. Sinyalnya sempurna, RS 59! Sementara 5 KHz di bawahnya terdengar beberapa stasiun YB/YC sedang QSO, SSB. Fokus saya tidak hanya pada stasiun YC0MFS, YB1UBE dan YC0KCI yang bergiliran memancar, SSB, dari Cagar Alam Laut Kepulauan Krakatau, Banten. Namun juga terhadap stasiun yang lain. Kesimpulan saya, bahwa sebenarnya ada banyak stasiun YB/YC yang mampu bekerja dengan baik di band ini.

Pancaran YC0MFS dan YC0KCI di-spot oleh Steve, VK6VZ pada Low Band

Chat di internet, sebagai (dikutip utuh):

22:12:40 VK6VZ Steve: G'day all - have a listen for YC0MFS and YC0KCI on 1850.1

SSB - big signals here!

Grid locator VK6VZ adalah OF88BC (lebih dari 3000 km dari Cinere). Ini membuktikan bahwa kuatnya sinyal dari Krakatau bukan karena 'lokal', melainkan memang layak. Saya pun sempat umumkan kehadiran YC0MFS melalui web cluster K9USA.

Sebelum saya memanggil DX di CW sub-band, saya membukukan QSO (SSB/CW) dengan beberapa stasiun: YB1BYY, YB1YA, YB1UBE, YB1HDL, YB0QN, YB2DX, YB1PHB, YC0KCI, YC2WWW, YC0MFS. Adapun YC1KEN, yang QSP via YB1HDL, tidak terdengar. Sebelum YB1UBE di Krakatau menutup panggilannya untuk hari ini (2300Z), saya mendengar YB4AS berhasil check-in, setelah beberapa kali diminta ulang.

Berdasarkan pengamatan saya sejak 1996, kegiatan Low Band QSO Party 2006 ini telah memicu aktifitas stasiun-stasiun YB/YC dalam jumlah yang terbesar pada Top Band. Selamat!

Tidak ada komentar: