20 Februari 2010

Antena Loop untuk RX N6RK dalam Gambar-gambar, Februari 2010

Lagi tentang antena RX loop.


RX antena jenis loop ala N6RK yang saya letakan jauh dari antena TX semalam (WIB) lagi memperlihatkan kinerjanya yang baik. Saya bisa mendengar sinyal dari BU2 dan DX1 --juga RW9-- dengan jelas padahal selama ini, amat sulit memantau mereka karena tingginya tingkat derau (noise level). Semalam noise level adalah S9+


Sekarang, jaraknya dari rumah sekitar 50 meter. Terhubung dengan coax tipe RG-58, 50 Ohm sepanjang 135 meter. Tinggi base feedpoint adalah 1,5 meter DPT. (lihat Gbr 1, di bawah)



Gbr 1. Antena RX loop dari jauh. Latar belakang adalah Jalan Cinere Raya, 50 meter dari Polsek Limo. Terlihat kabel litrik PLN tegangan menengah yang deraunya telah TNO (technically nulled-out, bukan TKO, knock-out) dengan loop. Kapling tsb bukan milik saya. Tapi, dalam memanfaatkannya, saya juga tidak memiliki HGB-nya :-)


Pada 100 meter pertama, saya sisipkan sebuah RF Choke dengan coax RG-174, 50 Ohm, yang digulung sekitar 25 lilit pada toroid Amidon FT-50-J. Untuk lebih amannya, saya buat ground lead dihubungkan ke pipa logam panjang 2 meter ditanam di selokan agar pentanahannya sempurna (lihat Gbr 2 di bawah)



Gbr.2 Tidak terlalu sulit untuk membuat dan menggulung sendiri sebuah RF Choke. Yang sulit adalah menemukan material toroid yang tepat dan sesuai di Jakarta

Untuk mencapai hamshack di lantai dua rumah, ujung coax yang satu lagi harus berdiri tegak sekitar 3 meter dan masuk lewat jendela. Menjelang lubang tsb, saya buat sebuah coax choke dari feederline tsb. Panjangnya 7,5 meter digulung pada pipa pralon berdiameter 4 cm (lihat Gbr 3 di bawah)



Gbr 3. Pada gambar terlihat hardline coax Andrew yang saya gunakan sebagai feederline untuk transmisi. Juga ada beberapa utas kabel coax 50 dan 75 Ohm instalasi lama untuk antena penerima lainnya yang beberapa tahun lalu pernah saya coba buat (seperti Pennant/Flag, EWE dan Beverage) untuk 160m

Demikian sekelumit instalasi antena RX loop yang saya gunakan untuk band 80m/160m. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: