08 Februari 2010

Mendengar Sinyal Lemah pada Band 80m dan 160m (courtesy of Bill, W4ZV)

Februari 2007, saya diminta oleh Orari Lokal Cilandak (lokal saya) untuk memberi semacam ceramah tentang cara mendengar sinyal DX yang lemah pada 80m dan 160m di hadapan teman-teman.


Bahan-bahan saya kumpulkan, terutama dari Bill, W4ZV yang masyhur sebagai top band DXer. Bill sudah memberi izin tertulis kepada saya untuk menggunakan bahan-bahan darinya dan bahkan menerjemahkannya ke bahasa Indonesia.


Karena di YB-land sekarang mulai banyak yang berminat 'melatih pendengarannya' sebagai pencinta derau dan static crash , bahkan bersedia jadi calon anggota SCLC (Static Crashes Listeners Club) maka saya muat bahan-bahan presentasi itu di bawah ini. 

Bila bands 80m dan 160m disebut sebagai Kerajaan Derau maka sebaiknya kita kenali struktur dan sumber daya kerajaannya. Lalu, pikirkan dengan senjata apa kita bisa menang perang dengan prajurit-prajuritnya yang brutal/insubordinasi :-)


Semoga bermanfaat!






































Radio penerima MW SW dapat dipakai untuk audit derau


























Data statistik YC0LOW pada 2010

Gambar terakhir di bawah ini adalah foto antena TX inverted-L 160m dan G5RV 80m yang pernah saya dirikan di Cinere, 2007. 

Ditopang dengan sebatang bambu di atas batang pohon angsana atau sonokembang (Pterocarpus indicus)

Tinggi tiangnya mencapai 24 meter di atas permukaan tanah. Gambar bentangan kawat yang sesungguhnya tidak jelas sehingga saya touched-up gambar aslinya dengan garis buatan.

Kawat antena inverted-L 160m (atas) dan G5RV 80m (bawah)

Siap berlawan dengan derau? Kalau telinga ada alergi, janganlah mencoba nguping pada band 160m. Kecuali Anda memiliki antena RX yang khusus.

Tidak ada komentar: