30 Oktober 2011

ZA20QA (Albania) Masuk Log 160m

Sekali lagi, RadioLand di Ciater, Subang, Jawa Barat, membuktikan keunggulannya sebagai lokasi yang LOW noise dan cocok untuk DXing

View ke hadapan QTH di RadioLand. Foto Joz, YD1JZ

Usai Sun Set WIB, hari Jumat 28 Oktober 2011, seluruh persiapan kami untuk YE1ZAW, stasiunklub Lokal Subang ikut kontes CQWW SSB sudah siap 100%. Saya mendapat kesempatan untuk uji coba transmisi pada top band (160m) moda CW.

Dalam waktu limabelas menit setelah kami makan malam bersama, panggilan CQ saya dibalas oleh Pres N6SS dari Arizona AS dengan RST 579, Grid Locator: DM34VN (QRB 14.938 km, QTF 46°).


Melalui ON4KST Chat-Line dia menyatakan bahwa sinyal kami diterima olehnya lumayan kuat. Laporan ini membuat kami berbesar hati karena saat QSO berlangsung, daya pancar hanya 400 W (dari Acom 1000) untuk menembus jarak yang jauh, hampir 15.000 km.

Setelah kontak itu, saya didiamkan oleh teman-teman untuk tidak beranjak dari meja operator, Mereka tahu bahwa kecintaan saya pada band itu adalah harga mati :-))


Sejak awal September 2011, inilah pertama kalinya saya bisa mendengar sinyal dan ber-QSO dengan teman-teman lama -dan baru- top bander dengan Icom IC-746 Pro. Selama ini, dari Cinere saya hampir patah hati atau bahkan menduga transceiver tsb sudah pikun dan uzur karena hanya sedikit memberi hasil.

Antena RX Beverage kami di RadioLand semalam bekerja amat baik, walau hanya untuk arah utara dan selatan. Tipenya adalah reversible Beverage buatan KD9SV sepanjang 256 meter. 



Jo, YC0LOW working ZA20AQ pada 160m, CW di RadioLand, Oktober 2011
Foto Yoyon, YB1CCF
ZA20QA muncul pada 19:15 UTC, dinihari WIB dan saya masuk ke log-nya melalui pile-up yang cukup ketat dengan stasiun dari EU. Albania menjadi negara DXCC yang ke-116 bagi saya.

Kemunculannya sudah saya tunggu selama belasan tahun belakangan ini. Baca: http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2012/06/kartu-qsl-160m-cw-pertama-dari-albania.html

Hingga Sun Rise tiba di Radioland 22:28Z, saya memperoleh 43 QSO dengan EU, Asia dan Amerika Serikat. Saya sengaja memilih frekwensi utama pada 1831.5 kHz untuk menghindari stasiun dari JA-land yang juga banyak saya dengar bekerja sampai 1825 kHz.


Dari EU sendiri, banyak stasiun baru yang menulisi saya via e-mail dan/atau Chat-Line menyatakan rasa terima kasihnya karena YC0LOW/1 adalah new one bagi mereka pada 160m.


Ada dua stasiun langka yang tidak bisa saya dengar yaitu C50C dan ZD8I. Keduanya off-target karena pada Jumat sore (WIB) kami tidak berkesempatan untuk mendirikan RX antena ke arah barat dan/atau timur. Hingga dini hari, saya juga belum berhasil mendengar sinyal dari teman-teman operator di YE2R, YE2S dan YE0X pada 160m.

Menjelang subuh WIB, saya membatasi panggilan hanya untuk stasiun-stasiun NA dan SA . Beberapa stasiun EU berusaha 'menyela" di saat saya RX-ing. Tapi tidak saya layani. Sked dengan PY2BW dan N4IS belum berhasil walau keduanya hadir di Chat-Line.

1 komentar:

yb1kar mengatakan...

I can imagine how your feel about getting the new one on Top Band from the RadioLand, maybe not much exciting after you got the award but still there, congratulations and hope the propagation with us, always.