06 Januari 2012

Long Path QSO YC0LOW dengan VY2ZM Terjadi! (5 Jan 2012)


Terima kasih atas kesediaan pembaca untuk terus mengikuti blog ini, terutama tentang upaya-upaya saya ber-QSO dengan Jeff VY2ZM. 

Screen shot dari halaman ON4KST Chat di bawah ini (Gbr. 1) telah dengan rinci mencatat saat-saat penting terjadinya long path CW QSO dua-arah pada top band (160m), 5 Januari 2012, 22:35 UTC, 1.821,5 KHz. Sembilan menit sebelum puncak sun rise di Cinere. Saya kirim laporan RST 339 dan mendapat 559 dari Jeff di Prince Edward Island, Kanada, locator: FN86VI (QRB 15.445 km, QTF 348°).
Gbr. 1. Screen shot ON4KST Chat
Ya, saya sudah menunggu ini selama tiga tahun belakangan untuk mengalaminya sendiri dari  C i n e r e ! Bukan dari tempat lain yang LOW noise. Lihat Gbr.2 (bawah).



Sehelai kartu yang istimewa, buat saya. Apalagi komentar Jeff di halaman data pada kartu QSL balasannya (lihat Gbr.3).

Gbr. 3. Pesan pada halaman kedua kartu dari Jeff VY2ZM.

Untuk mendengar rekaman QSO-nya, klik:

 http://www.4shared.com/mp3/khySr9He/YC0LOW_05_Jan_2012_2239z_18215.html


Ini merupakan sejarah yang kedua kalinya tentang QSO long path pada spektrum Medium Frequency (1.8 MHz) antara Indonesia dan stasiun-stasiun di pantai timur Kanada. Tak ada perselingkuhan dan/atau rekayasa QSO apa pun!

Gbr. 4. Kartu QSL 160m dari Jack VE1ZZ (1997)
Yang pertama adalah QSO dengan Jack, VE1ZZ di Nova Scotia, Halifax pada 8 April 1997, 22:50 UTC (Gbr.4, kanan)


Sinyal Jeff VY2ZM hanya terdengar melalui antena TX jenis top-loaded vertical. Walau antena RX saya, jenis K9AY, telah memberikan nulling yang amat bagus sehingga tingkat derau ke arah selatan dapat direduksi, namun itu tak sanggup mengirim level CW tone yang kuat ke telinga tua ini. Untungnya, kali ini para operator dari EU pada sopan-santun dan tidak sombong. Mungkin, di sana, pada malamnya, mereka tak lupa minum obat :-))

Gbr. 5. di bawah ini adalah peta lokasi QTH dua stasiun impian para top banders di dunia. Saya memperolehnya dari Jeff, Vy2ZM (klik untuk memperbesar)

Gbr. 5. Peta lokasi VE1ZZ, Halifax (biru) dan VY2ZM pulau Prince Edward (merah)
Saya tetap yakin bahwa Cinere masih  the worst place on earth for 160m DX-ing. Tapi, di sana banyak sejarah ditulis.


Apakah Anda merasa kurang mendapat tantangan dalam hobi ini- atau juga kurang kerjaan seperti saya? 

Cobalah top band! Tapi, jangan lupa tulis komentar donk...
 

2012/1/11 Frans-yc2mpf menulis di Orari News
  Om. Jo, mendengarkan Rekaman qso anda dgn VY2ZM membuat hati saya bergetar. Kuping tua saya bangun kembali mendengar ketukan anda, walaupun saya sadari, kemampuan saya menerjemahkan ketukan anda sdh sangat jelek. Terima kasih atas racun yg anda tebarkan. 73, Frans

2012/1/11 Jo YCØLOW , saya menjawab sbb:

Yth OM Frans. Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya dan untuk getaran di hati Anda yang kena racun :-)
Dalam rekaman itu Anda mendengarkan simfoni kode Morse terindah dari dua stasiun yang terpisah lebih dari 15.000 km! Keduanya sudah sked bertahun-tahun lamanya untuk jumpa dalam hitungan hanya beberapa jenak saja.
Kuping saya pun sudah hampir dapat hadiah KTP seumur hidup tapi bersyukur masih bisa dipaksa mendengar sinyal lemah pada 160m.
Saya yakin Anda pun bisa - apalagi bagi mereka yang muda & gaya - yang sudah pada jenuh RXing sinyal kuat dan crystal clear pada VHF/UHF.
Ayo, OM Frans! Main CW lagi di MF. Agn tnx es 73 de Jo, YCØLOW

4 komentar:

YB3LOJ mengatakan...

..Om Jo,berapa watt output daya yang anda pergunakan dari TX / RF-PA saat terjadinya kontak ini ?

Jo, YC0LOW, pemegang award DXCC dari ARRL pada 5 band mengatakan...

Yth OM Hendro,
Terima kasih sudah berkunjung.

Setelah mengamati selama bertahun-tahun, sebenarnya daya sebesar 500W adalah sudah cukup. Itu adalah legal limit power untuk tingkat Penggalang Orari.

Selalu saja ada peluang untuk main daya pancar maksimum seperti yang mampu disediakan oleh linear amplifier kita.

Tapi, di situlah godaan setan yang terkutuk.

Bila kita tidak punya sistem penerimaan (rx) yang unggul, maka makin kuat sinyal kita di ujung sana, makin besar pula kita menebar kekecewaan, yang pada gilirannya melukai hati sendiri.

Bertaawudz-lah :-))

YB3LOJ mengatakan...

Thanks OM Jo atas sharingnya ,benar apa yang OM Jo katakan,dan memang butuh banyak hal untuk mendapatkan hasil " balance " antara kemampuan TX dan RX itu sendiri.

Jo, YC0LOW, pemegang award DXCC dari ARRL pada 5 band mengatakan...

"Balance" (=seimbang) sebuah istilah yang amat tepat dari Anda, OM Hendro. Saya setuju.

Bukankah istilah itu juga ada dalam kode etik Orari?

Ditunggu di top band! 73 de Jo