07 Februari 2008

Pertanyaan-pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Para Pemula tentang LOW Bands


Pertanyaan-pertanyaan yang Sering Diajukan oleh Para Pemula tentang LOW Bands

Di bawah ini adalah terjemahan saya atas tulisan Steve Lance Johnson, K0CS berjudul "Typical Low Band Beginner Questions" di Low Band Monitor (LBM) edisi Januari 1998.

Saya kira ini cukup menarik bagi kita di Indonesia yang ingin tahu lebih jauh tentang LOW bands (40m, 80m dan 160m). Selengkapnya dapat dilihat pada http://www.qsl.net/yc0low/. Semoga bermanfaat!

MENGAPA KINI TUMBUH LEBIH BANYAK MINAT UNTUK DXING PADA LOW BANDS?

Rata-rata DXer sekarang usianya sudah lebih dari setengah baya dan kebanyakan dari mereka telah berhasil mencapai sasaran dalam hobinya pada band-band High Frequency (HF). Bekerja DX pada band yang lebih rendah frekwensinya adalah suatu tantangan baru yang membutuhkan standar dan keahlian yang lebih tinggi dalam hal stasiun dan pengoperasiannya ketimbang apa yang diperlukan untuk bekerja DX di band-band HF yang tradisionil.

APA YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK BEKERJA DX PADA LOW BANDS?

Milikilah buku "Antennas and Techniques for Low Band Dxing" oleh John Devoldere, ON4UN dan gunakanlah buku terbitan ARRL itu sebagai rujukan. Juga, periksalah callsign para amatir pada DXCC Yearbook terbitan ARRL. Temukan callsign mereka yang bekerja pada low bands. Bila ada yang dekat dengan lokasi Anda, cobalah berkenalan dan berdiskusi dengannya.


SASARAN APA YANG HARUS DITUJU PADA TAHAP AWAL?

Setiap DXer yang serius seyogyanya berupaya untuk memperoleh 5-Band DXCC
Award. Dari majalah CQ, ada 5-Band Worked All Zone (WAZ) yang juga penting bagi seorang low band DXer.

Tentu, jumlah negara DXCC yang sudah Anda miliki pada pelbagai band, akan merupakan indikator tersendiri akan keberhasilan Anda. Namun, Single Band DXCC Award pada tiap low bands (40m, 80m dan 160m) sebaiknya dijadikan sasaran awal.


MENGAPA BAND 160M DISEBUT SEBAGAI 'GENTLEMAN'S BAND'?

Istilah lama itu mengacu kepada Stu Perry, W1BB yang sangat dikenal di 160m band. Stu Perry adalah pribadi yang penuh gagasan dalam mempromosikan kerja DX di 160m di masa sebelum Perang Dunia kedua. Untuk tahu lebih banyak tentang dirinya, bacalah buku terbaru dari Jeff, K1ZM, berjudul "DXing on the Edge". Di Zaman ini, band 160m sudah sangat (lebih) ramai!

ANTENA APA YANG TERBAIK UNTUK BEKERJA DX PADA 80M DAN 160M?

Konsep antena yang terpenting yang diperlukan untuk bekerja DX pada low bands adalah sistem antena yang TERPISAH untuk fungsi-fungsi menerima (RX) dan memancarkan (TX). Dalam setiap diskusi tentang bermacam-macam antena pada low bands, agar selalu dibedakan antara antena 'receive' dan 'transmit'.

ANTENA TRANSMIT APA YANG TERBAIK UNTUK BEKERJA DX PADA 80M DAN 160M?

Urut-urutan jenis antena terbaik untuk TRANSMIT adalah:
1..
Full sized 4-Square Vertical Array (160m)
2.. N-Element Rotatable Yagi (80m)
3.. Full sized 4-Square Vertical Array (80m)
4.. Full Bobtail (80m dan 160m)
5.. Full sized 2-Element Array (80m dan 160m)
6.. Full Wave Delta Loop with 1/4 wave feed (80m dan 160m)
7.. Full sized 1/4 wave Vertical
8.. Inverted-L atau 1/4 wave Sloper
9.. Shunt Fed Tower (vertical)
10.. Inverted-V
11.. Low Dipole.

Akurasi dari daftar di atas akan berbeda-beda, tergantung pada hal-hal lain, seperti: lokasi dan bisa-tidaknya Anda mengikuti petunjuk desain secara sempurna.

Berbagai terbitan tentang antena amatir radio juga dapat digunakan sebagai petunjuk awal, namun carilah info sebanyak-banyaknya dari stasiun radio amatir yang beroperasi di 160m di dekat lokasi Anda . Dengan demikian, Anda akan mengerti lebih baik akan gambaran keadaan di sekitar.

MENGAPA KAWASAN DI SEKITAR MENJADI FAKTOR PENTING UNTUK BEKERJA DX PADA LOW BANDS?

Pada dasarnya, bekerja DX pada low bands adalah bekerja dalam suatu kawasan dekat/sekitar kita. Ketika Anda memanggil sebuah stasiun DX yang ada dalam pile-up, maka sebenarnya Anda sedang melakukannya bersamaan dengan operator lainnya yang berlokasi di kawasan geografis terdekat (bila ada --Jo).

Jadi, adalah penting untuk tahu siapa-siapa saja yang terbaik yang ada pada kawasan di sekitar Anda dan ketahui pula kelebihan-kelebihan apa saja yang dimilikinya dalam mencapai sukses.


BAGIAN APA YANG TERPENTING DARI ANTENA TRANSMIT UNTUK LOW BANDS?

Pada umumnya, antena untuk low bands didesain untuk memancar dengan polarisasi vertikal. Untuk itu, hal yang terpenting adalah sistem pentanahannya (ground). Dengan sistem pentanahan yang baik maka penampilan dan efisiensidari sistem antena tx Anda akan dapat diandalkan.

JENIS-JENIS ANTENA PENERIMA (RX) APA YANG SERING DIGUNAKAN?

Yang pertama, tentu saja, antena transmit (tx) Anda. Kemudian, antena small tuned loop, beberapa antena Beverage yang panjangnya berbeda-beda, serta jenis antena penerima eksperimental yang Anda buat sesuai dengan lahan yang ada.

Daya upaya untuk memperoleh 'receiving excellence' (mampu menerima pancaran
dengan baik/istimewa) adalah merupakan faktor penentu yang membedakan antara mereka yang hanya setengah-setengah dengan mereka yang sepenuh hati memilih bekerja DX pada LOW bands.

ANTENA PENERIMA (RX) APA YANG TERBAIK UNTUK BEKERJA DX PADA LOW BANDS?

Antena penerima terbaik adalah sekumpulan antena-antena penerima yang switch
kabel co-axnya digerakkan dengan remote control. Kebanyakan dari sinyal yang terdengar pada 160m - yang berasal dari sebuah stasiun tertentu – akan muncul berbeda-beda arahnya dalam hitungan menit. Jadi, untuk bisa berhasil mengatasi kesulitan-kesulitan seperti itu, sebaiknya Anda memiliki beberapa pilihan sistem dan cara penerimaan.


TRANSCEIVER APA YANG TERBAIK UNTUK DIGUNAKAN PADA LOW BANDS?

Semua merek pesawat transceiver yang terkenal selama ini adalah baik, namun
kecenderungan akhir-akhir ini menunjukkan bahwa Yaesu FT-1000 dan model-model berikutnya, adalah pilihan para pelanggan Low Band Monitor, seperti terungkap dalam survei tahunannya.

Pertimbangkan selalu beberapa hal di bawah ini bila Anda sedang merencanakan
pembelian sebuah transceiver untuk digunakan pada low bands:

*Adanya fasilitas inputs antena yang terpisah (RX dan TX)
*Bisa dipasangi filter-filter IF tambahan sehingga selektifitas CW dan SSB-nya tetap baik walau digunakan dalam situasi band yang kompetitif.
*Tentukanlah moda apa yang paling sering Anda gunakan (CW atau 75m SSB) karena beberapa merek radio dikenal tampil lebih baik hanya pada SSB atau hanya pada CW, ketimbang merek saingannya. Misal, untuk mutu audio SSB, Kenwood adalah terbaik. Sedangkan Icom lebih dikenal untuk CW.
*Kenwood TS-930SAT atau Icom IC-740 pun masih baik, namun kekurangannya adalah bahwa radio-radio tersebut tak bisa dihubungkan dengan komputer pribadi (PC) atau tidak se-fleksibel model-model baru dalam hal pergantian band.
*Feature yang istimewa seperti DSP atau Band Scope akan membuat performa menjadi lebih bagus dan dalam situasi tertentu bahkan mungkin akan sangat mendukung kegiatan Anda dalam berDX pada low bands.
*Preferensi terhadap merek-merek radio tertentu di tempat Anda berada, juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan- ingat, semua merek pesawat transceiver utama adalah baik. Misal, bila para low band DXer di tempat Anda telah sukses dalam menggunakan Ten-Tech Omni VI, dan Anda mendapatkan banyak fakta-fakta bagus lainnya tentang merek tersebut, maka tempuhlah jalan yang sama dengan mereka.
*Pertimbangkanlah untuk memiliki dua buah transceivers. Tak ada transceiver yang dapat bertahan selamanya, dan transceiver cadangan yang lebih murah harganya akan mengurangi kecemasan Anda ketika transceiver utama sedang diservis.

Memang, tak ada barang lain yang lebih berharga untuk dibeli dari pada sebuah pesawat transceiver HF, karenanya Anda pasti akan memeliharanya dengan baik, setiap hari!

Catatan tambahan dari Jo, YC0LOW:
Di luar rangkaian terjemahan artikel ini saya akan kirim terpisah ke maillist tulisan Earl, K6SE (sk), yang berisi peringkat hasil uji-cobanya terhadap kinerja transceivers yang ada di pasar, khususnya pada LOW bands. Stay tuned!

AKSESORI APA YANG BERMANFAAT BAGI STASIUN KITA?

Perlu-tidaknya aksesori bagi tiap stasiun akan berbeda-beda, tergantung pada lokasi Anda dan hal-hal lain yang ada di sekitarnya. Bila Anda punya menara yang tinggi dan lahan yang luas maka pasti tak banyak aksesori yang diperlukan. Namun, bila lokasi Anda ada di tengah kota yang padat, maka Anda akan perlu banyak alat-bantu.

Banyak dari LOW band DXer berpengalaman akan bisa menceritakan kepada Anda
agar supaya lebih banyak berkonsentrasi pada pekerjaan-pekerjaan yang berkait dengan antena dari pada aspek-aspek lainnya sehingga lebih bisa mendapatkan hasil terbaik pada LOW bands.

BERAPA UKURAN PANJANG DAN TINGGI YANG TERBAIK UNTUK ANTENA (rx) BEVERAGE?

Panjang minimum untuk penampilan yang cukup baik adalah sekitar 290 ft. Bila
Anda punya lahan yang lebih luas, cobalah dengan kepanjangan 580 dan 880 feet. Tinggi optimal dari permukaan tanah akan berbeda-beda, tergantung pada lokasi Anda. Jadi, cobalah bereksperimen dengan bermacam-macam ketinggian antena (rx) Beverage.

KAPANKAH MUSIM LOW-BAND ITU?

Musim low bands adalah 365 hari dalam setahun - 24 jam sehari!

Namun, para low band DXer di Amerika Utara biasanya akan mulai beroperasi pada musim gugur dan mengakhirinya pada tibanya musim semi sehinga terhindar dari noise atau kerusakan peralatan akibat banyaknya sambaran petir di musim panas. Newsletter Low Band Monitor (LBM) menetapkan musim tahunannya dimulai pada September dan berakhir pada Maret.

APAKAH LINEAR AMPLIFIER DIPERLUKAN UNTUK BEKERJA DX PADA LOW BANDS?

Bila Anda mukim di kawasan midwest Amerika Serikat (distrik-distrik 5, 8, 9 dan 0 -Jo), maka sinyal Anda di Eropa akan berkurang sekitar 32dB ketimbang sinyal dari stasiun-stasiun di pantai Timur AS. Dalam situasi seperti itu, adanya penguat daya (linear amplifier) akan sangat berguna. Namun Anda selalu dimungkinkan untuk ber-QSO dengan daya pancar nominal sepanjang propagasi memungkinkan.

Dan tentu saja, bila lokasi Anda tergolong baik dan kinerja antena transmit Anda efisien, maka Anda akan selalu berhasil.

Catatan dari Jo, YC0LOW:

Sejak February 2006, saya mendirikan antena jenis inverted-L yang merupakan bagian dari kegiatan eksperimentasi antena transmisi, yang juga meliputi: antena penerima coax-loop dan pembatasan daya pancar maksimum 100 Watt pada Top Band (160m).

Saya ingin sampaikan bahwa dengan kategori LOW power ini, terjaring 96 buah
QSO. Diantaranya 25 negara DXCC seperti: JA,OM,DL,OK,RZ,YB,LY,UA, ZL, VK, T8, ES, OH, SP,I,OZ,LA,EA8,VR,VU4, 9M6,9V1,YL dan SM (status s/d tanggal kirim pesan email ini ke maillsit Orari-News).

Suatu bukti kuat bahwa "there's (also) a good life with LOW power". Bukan
hanya 'life is too short for QRP/low power..."

MENGAPA STASIUN-STASIUN DX PADA 80M SSB SERING MENGGUNAKAN M.C. (master of ceremony), ATAU LIST TAKER (NCS -Jo)?

Tradisi seperti ini berasal dari Eropa. Pada awalnya peran MC dan/atau NCS digunakan untuk mengurangi interferensi yang diakibatkan oleh "pile-ups" dalam sub-band SSB yang sempit pada 80m.

Disayangkan, metode ini berlanjut, bahkan, sepertinya sekarang, cuma dengan cara ini seseorang bisa memperoleh negara-negara DXCC tertentu di 80M band, SSB, karena banyak stasiun-stasiun DX yang lebih menyukai cara beroperasi seperti itu.

MENGAPA STASIUN-STASIUN DX YANG BEROPERASI DENGAN CW SERING MENYATAKAN 'LISTEN UP' (SPLIT atau QSX UP)?

Faktor propagasi dan kemampuan seseorang untuk menerima kode Morse akan selalu berbeda dalam hitungan menit demi menit. Bila itu terjadi dalam sebuah pile-up, maka ritme pile-up tersebut menjadi tak terkendali dengan baik, dan stasiun-stasiun lain akan tak henti-hentinya memanggil justru ketika stasiun DX sedang memancar.

Dengan cara 'listen UP/split/QSX', gambaran kekacauan seperti di atas bisa
dihindari.

MENGAPA BEBERAPA DX-PEDITION TIDAK BEROPERASI PADA LOW BANDS?

Ukuran besarnya antena serta rendahnya 'QSO rate' membuat operasi stasiun DX
pada low bands kehilangan kesempatan untuk memaksimalkan efektifitasnya. Ingat, DXer
pada low bands adalah segmen kecil dari jumlah keseluruhan populasi DXer -mungkin hanya 1500 sampai 2000 orang saja di seluruh dunia yang berminat pada low bands.

Bila Anda berhasil berQSO dengan sebuah stasiun DXpedition pada low bands,
berikanlah tambahan sumbangan untuk bukti bahwa Anda menghargai upaya mereka.

MENGAPA "LOW BAND MONITOR" MEMUAT DX SPOTS PADA BAND 40 METER?

DX spots pada band 40 m dimuat utuh karena band ini seringkali menjadi suatu
petunjuk akan adanya kegiatan atau baiknya propagasi pada band 80 m dan 160 m.

Band 40 m juga akan selalu dipenuhi dengan stasiun-stasiun DX yang istimewa bagi para low-banders - apalagi ketika propagasi pada band-band 80 m dan 160 m sedang buruk.

MENGAPA ADA BANYAK "RADIO HOGS" PADA LOW BANDS?

"Radio Hog" adalah julukan berkonotasi buruk bagi seseorang yang memanggil setiap stasiun DX pada band tertentu, tanpa peduli bahwa sebelumnya dia telah berQSO dengan stasiun tersebut. Golongan ini juga punya kecenderungan untuk selalu memanggil CQDX di saat sedang ada pembukaan pada low bands.

Tingkah seperti ini biasanya diperlihatkan oleh mereka yang merasa bahwa kegunaan stasiun dan kenikmatan beroperasi didasarkan pada banyaknya jumlah QSO pada low bands, bukan pada KWALITAS kontak DX pada tiap band. Saran saya pribadi bagi mereka yang baru mulai pada low bands adalah:
SELAMA BEROPERASI PADA PERIODE BIASA:
*Hanya memanggil stasiun DX yang diperlukan untuk DXCC Countries atau CQ Zones
*Bila Anda mukim di Amerika Serikat, janganlah memanggil CQDX pada low bands
*Jadilah pendengar yang disiplin - itulah warga DX yang paling baik.
SELAMA KONTES-KONTES DX:
*Panggillah tiap stasiun DX yang terdengar dan yang tak terdengar
*Bila Anda menemukan frekwensi yang kosong, gunakan untuk memanggil DX. Bila tak ada frekwensi kosong, tetaplah memanggil CQDX.

Cara beroperasi seperti di atas adalah suatu keseimbangan yang terbaik antara menjadi mangsa atau pemangsa - cobalah menjadi keduanya

Tidak ada komentar: