13 Mei 2008

Re: T-loaded Antena untuk TX pada 160m

From: wo2k
Sent: Monday, May 12, 2008 10:07 PM

OM Jo,
Melanjutkan diskusi tentang antena, ya. Semoga anda tidak keberatan :-)

Berbicara tentang Top Hat ( atau Capacitive Hat ya???), berapa derajat sudut yang "diijinkan"?. kalo saya lihat di antena anda, terlihat ada cukup space untuk membentang top hat-nya, sehingga sudut yang terbentuk cenderung landai. Saya mengalami kesulitan untuk membentang yang agak lebar, yang membentuk sudut yang landai.

Saya lihat top hat anda simetris kiri dan kanan. Bagaimana kalau saya bikin beberapa top hat, tetapi tidak simetris kiri dan kanan. Kondisi yang memungkinkan di tempat saya adalah menarik top hat ke arah 270 derajat, 210, dan 180 derajat.

Apakah memungkinkan saya melakukan scaling untuk antena Anda tsb?

Salam
Dhismas, YC0NHO
OM Dhismas,

Prinsipnya, makin kecil besaran sudut antara kawat utama radiator dengan kawat top-load maka akan terjadi RF cancellation yang membuat kinerja antena tx menjadi buruk. Sudut yang disarankan adalah >45 derajat. Namun, bila terkendala oleh lahan, maka lakukan apa yang bisa.

Kalau panjang kawat top-loadnya tidak simetris, saya belum pernah coba. Menurut saya, mungkin, pada ujung antena vertikal tidak ada efektifitas capacitive loading-nya.

Untuk scaling down dimensi antena saya (mungkin ke band 3.5 MHz, ya?), saya kira bisa saja. Dalam buku Low Band DXing, Edisi Keempat, ada chart 1/4 panjang gelombang, current fed T-antenna, halaman 9-44, Chapter 9. Kira-kira isinya: tinggi kawat vertikal 13 meter, panjang total kawat horisontal 10 meter, diameter kawat 2 mili meter. Radiation resistance-nya sekitar 25 Ohms.

Maaf bila ada penjelasan saya yang salah.


Tidak ada komentar: