03 Januari 2009

Malam yang Ramai pada 160m

Malam yang lumayan ramai terjadi hari ini (UTC). Maksud saya, ramai oleh stasiun-stasiun dari Indonesia. 

Pertama terdengar adalah Ray, YC1RAT, lalu Feri, YC1COZ, dan Dadang, YC2EUZ. Dua yang terakhir disebutkan, dengan sengaja 'mampir' di frekwensi saya 1818.3 KHz untuk menyampaikan RST dan ucapan "HNY" (sekitar 2205Z). Entah bila mereka berhasil mendapatkan stasiun DX atau tidak. Yang jelas, bagi saya, pembukaan propagasi telah terjadi dalam kategori lumayan - walau tidak ada negara DXCC baru. 

Salah satu 'delight' dari bekerja DX pada topband (160m) adalah bahwa kita tidak pernah tahu kapan bisa mendengar dan didengar di negeri jauh yang mana. 

UA9KAA masuk log pada 2144Z. Lalu, SP6HEQ op. Wies, pada 2159Z. QSO saya yang pertama dengan Wies adalah pada 1998! 

Stasiun yang terdengar adalah RL3FT, 4S7NE, VQ9LA, HS0ZEE, 9M2AX, XW1B, DL5ANT dan XU7ACY. RL3FT op Yuri, melaporkan pada DX Cluster bahwa dia mendengar panggilan saya RST 579.


Satu hal yang sangat mengganggu saya adalah sejak sebulan ini, level derau (noise) di Cinere meningkat tajam usai pukul 0500 WIB. Ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Entah apa penyebabnya. 

Saya duga, para tetangga sudah pada bangun, lalu mulai menyalakan alat-alat listrik untuk menyambut datangnya mentari pagi. 

Pengecualian terjadi terhadap sinyal DL5ANT yang masih terdengar baik (569) pada lima belas menit setelah waktu sun rise (2243Z).


Post Scriptum:
Sekelumit statistik dari stasiun YC0LOW pada topband (160m) selama 2008 dan perbandingan datanya dengan 2007 (dalam tanda kurung). 

Semua dalam moda CW, sbb: Jumlah QSO: 142 (272), Negara DXCC: 44 (61), Negara DXCC Baru dalam Koleksi: 01 (03), Jumlah Stasiun YB/YC Worked 8 (5).


Tnx es 73 de Jo, YC0LOW

1 komentar:

Unknown mengatakan...

OM jo,

Selamat saya ucapkan untuk achievement DXCC dan dengan kiprah anda di 160 m yang " Chronic" di YB land ini dan dengan menyampaikan berita berita hangat bernuansa top band yang sarat dengan antenna knowledges rather than easy DX ing methods on higher bands( 20 m and above ). Semoga ini mmemberi hentakan baru di YB land terutama untuk 160 m band yang berderau alias static crashes yang kadang membuat " ciut" para dx-er untuk calling cq whether it is heard or to hear some DX stations. Ingin saya sewaktu waktu bermain di 160 m , hanya saja keterbatasan lahan dan noise fighting spirit yang harus di benahi dulu( hi.. ). Pastinya beda main di 20 m or higher bands dari pada di low bands yang intrisinc dengan excessive to noise level.Ok , OM Jo I hope I can learn something from you de YB0ECT 73!