25 Januari 2009

YB-land sebuah Lubang Hitam (CQWW 160 CW, 2009)

Dalam definisi yang standar, sebuah Lubang Hitam (Black Hole) adalah suatu kawasan ruang di mana bidang tarikan gravitasinya sangat kuat sehingga tidak satupun -termasuk radiasi elektromagnetis (contoh: cahaya yang tampak) bisa lolos dari tarikannya tsb. Para DXer terutama Topbanders (DXer pada band 160m) sering menggunakan istilah black hole untuk menandai tempat-tempat di dunia yang buruk untuk dijadikan lokasi DXing karena sulit menerima sinyal lemah.

Sudah jelas, salah satu tempat tsb adalah Indonesia, setidaknya Cinere (OI33jp). Sejak maghrib tiba (24/1, WIB), tidak banyak stasiun DX yang terdengar kecuali VK6 dan 9M2. Padahal, ratusan --atau bahkan ribuan-- stasiun sedang berlomba dengan antena dan daya pancar mereka yang terbaik sejak hari kemarinnya. Antena RX saya, yaitu jenis loop dan Beverage On Ground (BoG) sama sekali tidak berfungsi menangkap sinyal-sinyal tsb.

Selebihnya, penerimaan terbatas hanya terhadap stasiun-stasiun dari negeri sendiri. Sehingga, saya akhirnya memutuskan untuk memanggil/menjawab CQ TEST dari beberapa stasiun, terutama dari Jawa Timur yang baru pertama kali saya dengar muncul di band 160m, seperti: YB3BOA, YB3XM dan YB2JBJ. Adapun stasiun lain yang terdengar dioperasikan oleh golongan 'santri terdaftar' seperti YE1ZAT (stasiun kontes Bekasi, multi-op), YC1COZ, YC1RAT, YC2EUZ, YC2YTH. Bagi saya, pengalaman kontes tahun ini seperti menjalani sebuah QSO party dengan teman-teman setanah air.

Kondisi buruk terus berlangsung sampai dinihari setelah waktu subuh. Tidak terjadi Sun Rise enhancement yang diharapkan. Sepertinya, teman-teman dari Indonesia sudah tahu kondisi ini karena yang tabah sampai akhir mengirim CQ TEST hanyalah YE1ZAT dan YC1COZ.

Sebuah pesan SMS masuk sejak semalam dari OM Dadang, YC2EUZ yang menyampaikan bahwa di Temanggung dia tidak bisa dengar DX karena noise level S9+

Apakah Temanggung --yang country side-- juga punya Lubang Hitam seperti Cinere?

Tnx es 73 de Jo, YC0LOW

Tidak ada komentar: