21 September 2010

Elevated Feedline untuk Antena RX

Dari: Orari-news@yahoogroups.com, 21 September 2010


Saya sedang dalam persiapan mendirikan antena 4-square array buatan Hi-Z Antenna, AS, untuk RX pada topband (160m) dan 80m. Izin untuk menggunakan lahan luas yang kosong dan terbuka lebar, setidaknya 2500 m2, telah diperoleh.


Cukuplah untuk footprint antena tsb tanpa adanya faktor penghalang di sekitarnya, seperti rumah dan/atau bahan konduktif (pagar besi, rumah dengan atap yang diberi lembaran alumunium foil, dll. Namun, lahan tsb terletak sekitar 450 meter dari hamshack saya. Pengelola hanya mengizinkan instalasi feedline secara elevated, tidak boleh dikubur di tanah!


Saya tidak punya pengalaman apapun dalam instalasi elevated feedline sepanjang itu, kecuali hanya sepanjang beberapa meter ketika coax harus menyeberangi jalan umum di depan rumah. 

Beberapa isu penting muncul dalam benak, seperti: tarikan feedline yang tidak lurus, ketinggiannya di atas tanah, daya/tegangan DC voltage yang akan berkurang di ujung jauh dari hamshack, isolasi feedline tsb untuk mengatasi common-mode noise dll yang akan mempengaruhi kinerja sistem antena RX tsb.


Mohon petunjuk, apakah ada yang punya pengalaman tsb dan bersedia membaginya dengan saya? Saya akan gunakan coax Belden tipe RG6-U dengan konektor F. Tnx es 73 de Jo, YC0LOW.

Tidak ada komentar: