23 Februari 2008

Re: YB1AME dna RA0ALM pada Top Band, Minggu, April 30, 2006 5:02 PM

From: "bam-ybØko/1-SOETRISNO" <unclebam@indosat.net.id>
>> mas jo, yc0low
>> mungkin a bit OOT, tapi bgmn anda install penyalur petir anda? (saya nggak
>> bilang "penangkal" petir lho ...)
>> ditaruh di ujung bambu yg 22+ mtr itu? ato bgmn?
>> dan sistim penyalur petirnya sndr yg macam mana pula?
>> kalo' perlu brngkali nanti bisa jadi artikel sndr di BEON, krn sy yakin
>> banyak rekan lain yg menghadapi masalah sama, pingin punya
>> tiang/mast/tower yg cukup tinggi (katakanlah 20+ mtr) supaya bisa
>> nyantholin feedpoint setinggi mungkin, tapi ngeri kesamber jilatan ki
>> ageng selo ....
>>
>> (termasuk sy sndr yg "
malang"nya tinggal di daerah yg rawan petir:..
>> selama ini sdh 3x antenna digulung sama petir, belon lagi kalo' mo crita
>> tentang modem ... rasanya sdh lebih dr 5x mesti ganti krn gosong abissss ..)
>> salam
>> [bam]
Yth OM Bam,
Berbeda dengan waktu sebelumnya, yaitu ketika saya gunakan guyed-wire triangle tower tinggi 24 meter (yang mana saya gunakan alat penyalur petir di pucuk tower berupa tombak tembaga tunggal dengan kawat BC ke liang ground sedalam 30 meter yang berair) kali ini, saya tidak menggunakan instalasi tersebut di menara bambu saya. Jadi, memang sederhana dan 'polos' saja. Memang beresiko, ya.
Kini, hanya peralatan di hamshack, seperti: transmatch dan transceiver, yang terhubung dengan ground tersebut.

Tidak ada komentar: