21 Februari 2008

Puas walau Nihil, Kamis, April 20, 2006 12:10 PM

Di samping banyaknya kendala-kendala teknis-engineering untuk muncul pada Top Band --atau mungkin juga pada band-band lainnya-- ada pula aspek yang menjadi 'ujian' untuk bekerja di sana, yaitu determinasi! Motivasi, komitmen yang kuat dan aksi yang konsisten/berkesinambungan untuk eksis/QRV di sana adalah jaminan terbesar menuju pencapaian (dan kepuasan).

Bagi Anda yang baru bekerja DX di Top Band, saat ini bukanlah musim yang mudah. Anda tidak selalu bisa berhasil menjaring stasiun. Bisa mendengar pun belum tentu! Pada awal saat musim panas (summer di northern hemisphere) seperti sekarang ini, noise level meningkat dan band seperti sudah ditinggalkan oleh pengikut-pengikutnya. Tapi, semboyan RRI "sekali mengudara tetap di udara" masih pantas diindahkan karena, banyak Top Bander yang bermetamorfosis menjadi ho-mo alias setia memonitor. Untunglah ada dx cluster sehingga komunitas ini masih terbantu untuk berkomunikasi via internet dan saling tahu 'siapa sedang mengerjakan apa -- pada frekwensi berapa'.

Pagi ini saya memanggil DX sejak 2130Z hingga selepas sun rise 2300Z pada 1814.5 KHZ, barefoot. Tak satu pun berbalas, nihil. Namun, melalui dx cluster saya ketahui, bahwa panggilan dari Cinere melayang jauh sekali, ke stasiun-stasiun: VK6HD (2206Z), OZ1LXJ (2243Z), IK4WMA (2251Z) dan G3PQA (2258Z). Spot-spot DX seperti ini telah mengindikasikan sistem kerja stasiun yang berfungsi normal dan menjadikan pagi saya bukan awal suatu kegagalan. Top Band: puas walau nihil...

Tidak ada komentar: