15 Januari 2010

[AntennaMania] VP6DX RX Antennas

Link yang luar biasa bagus untuk mendapatkan pelajaran --lengkap dengan download 'diktat'nya--tentang bagaimana sebuah DXpedition secara serius menyiapkan RX antenanya (terutama pada LOW bands/HF):

http://www.ncjweb.com/200807NCJVP6DXreceiveantenna1.pdf


From: Partono Partokardi
To: antennamania@googlegroups.com, Friday, January 15, 2010 8:33 A

Thank you OM Jo,

Tambah referensi, dengan kondisi lahan seminim mungkin bila digabungkan dengan usaha optimasi yang tepat guna niscaya akan memberikan keberhasilan dan kepuasan.

masih sebagai pendengar "angot-angotan" (sekenanya) dan kumpulin resource sebagai persiapan..

73 de Tono, yb2cpo



Yth OM Tono,

Memang, kita belum tentu bisa meniru pendekatan dan praktik pendistribusian RX antena seperti VP6DX -- yang memfokuskan kegiatan DXpedition-nya pada LOW bands. Tapi, setidaknya kita bisa menambah referensi tentang hobi 'gila' ini. Juga bisa tahu, bagaimana caranya bahan/alat/merek digunakan.

Coba bayangkan, dengan persiapan yang hebat ini, pada 160m band, log VP6DX (memancar dari Pasifik, OC) mencatat 6.615 QSO CW dan 1.562 QSO SSB!

Saya baru memahami bahwa pada transceiver modern yang memiliki RX antena input-port yang terpisah dari TX port-nya ternyata masih umum menerima kebocoran sinyal pada saat TX 100W sebesar 10mW (+10dBm atau S9+77dB). Itu sebabnya pre-amp RX HARUS diproteksi apalagi bila penggunanya berada di sebuah lokasi di mana banyak txcvr dioperasikan.

Juga, dengan penguasaan teknologi/ilmu, setiap operator VP6DX dapat sekaligus mendengar sinyal DX dari dua arah yang berlawanan melalui speaker headphone stereo(kiri dan kanan).

Luar biasa...

Tidak ada komentar: