12 Januari 2010

Topband, 11 Januari 2010

Tidak ada 'kejutan' yang berarti pada topband pagi ini (WIB). Namun, kondisi propagasi boleh dibilang lumayan OK.

Seperti biasa saya mulai CQDX pada 21:00Z di 1814 kHz. Beberapa stasiun Eropa, diantaranya OZ1, SM2 langsung mengirim DX spot karena mendengar panggilan tsb. Via internet mereka melaporkan RST untuk saya 559.

Agak belakangan, mulai sekitar 21:21Z, YC0LOW diserbu oleh stasiun-stasiun dari JA. Namun hanya sebelas dari call-area 1, 3, 6 dan 4 yang masuk log saya. Sebetulnya bisa lebih banyak, tapi, tampaknya disiplin para topbander baru di JA berbeda dengan kebiasaan yang sebelumnya. Mereka terus-menerus dan berdesak-desakan memanggil di saat saya hanya berniat melayani hanya satu stasiun yang callsign-nya belum utuh di-copy.

Di tengah tirai sinyal yang kuat dari JA, saya mendengar ada ketukan lemah, QRS, tapi konsisten. Ternyata itu adalah GM0UDL. Setelah empat tahun berselang, inilah pertama kalinya lagi saya menjalin topband QSO dengan stasiun dari Skotlandia (lebih dari 11.700km dari Cinere). Callsign ini pun tergolong baru muncul. Kalau tidak ada antena khusus RX loop, mungkin sinyalnya akan terkubur oleh static noise dan sinyal JA.

Sebelum SR tiba, saya menjalin QSO dengan YC1HBP op Gum dari Cilebut, Jawa Barat

Mari berharap semoga kondisi propagasi 160m DX di hari-hari mendatang akan makin membaik.

Tnx es 73 de Jo, YC0LOW

Tidak ada komentar: