15 Januari 2010

FK8CP Masuk Log sebagai NEW one

Sejak berkarir di topband (160m) pada 1997, stasiun dari Kaledonia Baru) terus-terusan membuat saya penasaran karena sering melihat FK8CP masuk DX spot tapi sulit mendengarnya (titik lemah set-up sistem topband saya adalah ke arah timur Indonesia: Pasifik).

Malam ini, rasa penasaran itu punah karena setelah cukup lama memanggilnya pada 1831.5 QSX down 1815 kHz, akhirnya kami bertukar laporan. FK8 menjadi koleksi negara ke-112 (WKD) pada log saya. Sekali lagi, saya terbantu oleh antena RX loop ala N6RK. Kalau menggunakan antena TX, sinyalnya mejret ditindih oleh QRN.

Kerusakan pada RX antena yang saya tulis dalam maillist Antennamania, ternyata tidak separah yang diduga. Saya periksa pada Jumat pagi (WIB) dan menemukan hanya karena sebuah konektor yang kendur diterpa angin besar.

Jumat usai subuh (WIB)saya mendengar sinyal kuat KH2L pada 1816 kHz (20:41Z) seperti sinyal yang berasal dari Bogor! Tapi karena saya sudah CFM Guam maka saya menahan gejolak syahwat untuk memberi kesempatan stasiun dari Eropa yang pastinya lebih bergairah mendapatkannya.

Pada malam harinya, 13:45Z, pada 1814 kHz, melalui sebuah sked via email, saya juga berhasil kontak dengan JR7VHZ dari prefektur Iwate, Jepang, sehingga hanya tiga lagi prefektur di JA-land yang musti diburu pada topband.

Tidak ada komentar: