11 Januari 2010

Terdengar di Prince Edward Island, Kanada pada Top Band (10 Jan 2010)

Kalau pagi ini (11-Jan-2010, WIB) terdengar sinyal saya tiada henti memanggil CQ pada 1814 kHz, pasti ada alasannya! 

Itu karena Jeff, VY2ZM, (eks K1ZM), QTH di pulau Prince Edward, timur Kanada, melaporkan pada ON4KST Chat-Line bahwa dia pertama kalinya mendengar sinyal YC0LOW dari Cinere sejak 21:37Z. Locatornya adalah: FN86VI sehingga jaraknya dari Cinere adalah 15445 km


Jeff adalah penulis buku DXing on the Edge, The Thrill of 160 Meters, terbitan ARRL, 1997. Sebuah buku yang sangat bagus untuk dimiliki oleh mereka yang ingin berkiprah di topband (160m).

Gbr.1. Buku DX-ing on The Edge oleh Jeff K1ZM
Pada 26 Juli 1998, saya mendapat buku tsb dari Jeff (Gbr. 1) dengan tulisan tangannya yang berisi pesan pribadi dan persahabatan.


Kami mencoba berQSO pada topband (160m) tapi belum berhasil. Walau panggilan tiada henti saya berlangsung sampai dengan saat SR (22:47Z). Selama hampir 50 menit lamanya, Jeff melaporkan bahwa sinyal YC0LOW tetap terdengar di hamshack-nya - walau timbul dan tenggelam. 

Pengalaman pagi ini (WIB) mengingatkan saya dengan yang terjadi pada 20 Nopember 2007, ketika Bill, W4ZV (locator EM95UK, 16.700km dari Cinere) juga mendengar sinyal saya (lihat: http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2008/02/terdengar-di-w4zv-north-carolina-as.html


Menurut Jeff, sinyal saya datang dari arah timurnya. Jadi, tidak melewati kawasan Eropa atau Kutub Utara. 

Coba saja Anda bayangkan, Jeff berada di pantai timur Kanada, tapi mendengar sinyal saya dari arah timurnya, bukan pula dari arah tenggara (short path). Aneh, bukan? Masih menjadi misteri: lewat mana sinyal saya merambat?

Lihat:  http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2012/01/terdengar-oleh-vy2zm-k1uo-k1qx-1012012.html


Sambil memanggil DX umum (jadi tidak hanya memanggil VY2ZM) saya bekerja dengan beberapa stasiun, terutama dari JA, juga Svein, LA3XI. Saya masih senang melayani stasiun JA pada topband karena berniat memperoleh WAJA 160m. Masih ada kekurangan konfirmasi di dua prefektur: Kagoshima dan Aomori.


Seperti biasa, di saat uji-coba efektivitas dan efisiensi antena TX home-brewed, daya pancar saya 'hanya' 100 Watt.


Jadi terobsesi lagi, musti bikin antena RX apa agar saya dapat mendengar sinyal dari pantai timur AS dan Kanada pada top band?

Tidak ada komentar: