27 Maret 2012

Konsep Dasar bagi Antena Penerima (RX) 160m untuk YB8Y di OC-221 pada LOW bands

Disusun untuk acuan persiapan teknis, oleh Jo, YC0LOW, Pebruari 2012, pra-DXpedisi YB8Y, April 2012.

1. Deskripsi:
Gbr. 1. QTH YB8Y di pulau Ohoiew, Kei Kecil. Maluku Tenggara.
Pulau Ohoiew, terletak di -5 derajat  (minus/south latitude), berada tak jauh dari bentangan garis katulistiwa (0°). 

Secara teoritis masih berada dalam kawasan yang kaya dengan thunderstorms (static crashes). Grid Locator: PI64mh

2. Dapatkan signal-to-ratio (S/N) terbaik.
Antena penerima yang memiliki sudut RX yang sempit pada main-lobe nya ke arah yang diinginkan akan mengeliminasi derau alam berupa static noise yang tidak diinginkan (unwanted). Antena RX seperti itu, pada gilirannya, akan memperbaiki S/N ratio

3. Reduksi QRM (man-made noise)
Antisipasinya adalah pile-up pada LOW bands.Generator listrik harus baik kondisinya.

Karena geografi lokasinya perlu 3 (tiga) buah antena RX yang diarahkan ke:

a.      Utara= 0°
b.     Timur Laut= 40°
c.      Barat Laut= 330°

Dari nilai angka sudutnya, sudah dapat dibayangkan  arah yang dituju (Gbr. 2, bawah).
Gbr. 2. Jarak antara QTH saya di Cinere dengan YB8Y adalah lebih dari 3300km ke Timur
Kami berharap  operator–operator pada 160m, 80m dan 75m (SSB) menggunakan antenna RX yang khusus. 

Kami tidak menyarankan adanya antena RX yang khusus untuk operasi pada  40m karena pada band tsb tingkat derau/static akan lebih rendah,  level sinyal akan lebih kuat (dari pada 80/75m, 160m). Ingat: bagi seorang Top Band DXer, band 40m adalah seperti band 15m-nya hi-band DXer. Untuk RX pada band ini dapat mengandalkan antena TX sehingga bisa hemat waktu dan tenaga dalam instalasinya.

4. Maksimalisasi Konstruksi, Tata Letak Stasiun dan SDM
Untuk menghindari intereferensi silang (cross interference) akibat transmisi, disarankan supaya antena tx stasiun 80m CW dan 75m SSB dipasang di dua tempat yang terpisah cukup jauh. Namun, belum tentu cukup waktu untuk mewujudkannya. Sehingga, masih terbuka peluang untuk mendirikan hanya satu stasiun  yang akan bekerja dengan satu antena tx pada band yang sama namun dengan mode yang beda. 

Caranya, dengan memberi tanda pada kawat radiator antena tx tersebut agar panjang kawatnya mudah diubah secara manual bila ingin pindah mode.Tanda dicantumkan pada kawat  yang ditarik melalui kerekan (pulley) tali (rope). Sehingga perubahan bisa mudah dilakukan - bahkan oleh seorang diri di malam hari, bila perlu.
 
5. Solusi terhadap uraian-uraian di atas:
Disarankan adalah membawa antena RX seperti:
a.     a. 4-sq 4 ele. Hi-Z untuk meliput 4 arah
b.     b. 4-sq 2 ele. Hi-Z untuk meliput 2 arah
        c. Membuat Double Half Delta Loop (DHDL) antena RX yang 
           digunakan oleh VK9GMW (2009). Tautan tentang antena 
           DHDL pada:
            http://vk9gmw.com/documents/VK9GMW_ANTENNA.pdf
c.     d. Reversible Beverage buatan KD9SV (tergantung kebutuhan, sambil mencoba apakah benar antena Beverage tidak bekerja baik di pantai*. Artinya harus bawa twin wire WD-1A  yang ada di RadioLand (Gunung Malang)

Dengan membawa system KD9SV Rev Beverage maka kita bisa memperoleh dua arah RX dengan hanya satu bentangan kawat twin-wire WD-1A. 

Operator bisa memilih dua output pada hamshack misal dari arah 45° dan sekaligus dari arah 225°. Saya punya dua set system

·  * menurut Eric Scace K3NA (k3na@arrl.net), Manajer Teknik VP6DX, produk antena Beverage yang dibuat dengan benar akan bekerja baik bahkan di pantai. Itu terbukti pada Mellish Reef  VK9ML (2002), Rodrigues Island 3B9C (2004) dan  St Brandon’s Île du Sud 

“It proved that beverage antennas work as designed when mounted  over dry, stony earth – even when adjacent to salt water. Beverage antennas work poorly when  installed over stony earth impregnated with salt water, as was the case at Mellish Reef” katanya (warna merah dari saya – Jo).
 
Penggunaan Pre-Amps
Sistem pre-amp adalah untuk mengkompensasi rugi-rugi (losses) yang diakibatkan oleh, misal: feedline/coax yang panjang. Selain terdapat pada tiap txcvr, saya punya beberapa dedicated system noiseless pre-amp (utamanya untuk top band) yang siap dipakai

Tidak ada komentar: